DAK Tahun 2020 Untuk Kabupaten Tanjabbar Meningkat

Senin, 07 Oktober 2019 - 22:06:39


H Firdaus Khatab.
H Firdaus Khatab. /

radarjambi.co.id-TANJABBARAT-Kucuran dana APBN melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar) pada Tahun 2020 mengalmi peningkatan dari tahun sebelumnya.

Kepastian kenaikan anggaran DAK ini dibeberkan oleh Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tanjabbar, H Firdaus Khatab.

Menurutnya, meski masih jauh dari nilai yang diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten Tanjabbar, namun yang di realisasi mengalami peningkatan dari tahun 2019.

"Tahun 2020 dana DAK kita yang terealisasi sekitar Rp 128,7 Miliar, dari total yang kita usulkan sekitar Rp 1 Triliun lebih. Namun jumlah DAK ini meningkat dari jumlah tahun 2019 ini, yang hampir sekitar Rp 90 Miliar," ungkap H Firdaus.

Dijelaskannya, jika DAK untuk Kabupatrn Tanjabbar tahun 2020 tersebut sudah disetujui oleh Kementrian Keuangan RI, selanjutnya akan dibagi dalam beberapa item kegiatan fisik di beberapa OPD diantaranya, Dinas PUPR, Dinas Perkim, Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Perpustakaan, serta Kelautan dan Perikanan.

“Untuk kegiatannya nanti akan kembali ke instansi masing-masing tergantung usulan yang sudah diajukan,” sebutnya.

Berdasarkan data yang dihimpun, dari total DAK tahun 2020 dibagi menjadi dua bagian yakni, DAK Fisik Reguler sebesar Rp 116,8 Miliar dan DAK Fisik Penugasan sebesar Rp 11,8 Miliar lebih. (ken)

 

 

Editor  : Ansory S