Bank Indonesia Resmikan BI Corner di IAIN Kerinci

Rabu, 20 November 2019 - 20:17:46


Peresmian  BI Corner di IAIN Kerinci.
Peresmian BI Corner di IAIN Kerinci. /

radarjambi.co.id-KERINCI-Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi meresmikan BI Corner Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci sekaligus sosialisasi kebanksentralan, Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dan ciri-ciri keaslian uang rupiah, Selasa (19/11).

Kegiatan itu dihadiri oleh Rektor IAIN Kerinci, Sonafist, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kota Sungai Penuh, Erman, Dekan Fakultas dan tamu undangan lainnya.

Kepala BI Provinsi Jambi, Bayu Martanto sangat mengapresiasi karena IAIN Kerinci menyambut baik BI Corner ini. Selain acara peresmian, kegiatan ini dimanfaatkan untuk memberikan informasi mengenai program- program BI dalam menjaga stabilitas perekonomian, termasuk juga pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan.

"Bank Indonesia terus menerus berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai keberadaan dan perannya terhadap perekonomian Indonesia melalui kegiatan edukasi dan sosialisasi termasuk di IAIN Kerinci ini," ujarnya.

Hal ini juga relevan dengan salah satu misi dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) untuk melaksanakan kegiatan edukasi dan peningkatan kualitas pendidikan masyarakat.

Bayu menuturkan melalui salah satu tema unggulan "Indonesia Cerdas", Bank Indonesia menginisiasi Program BI Corner untuk mendukung upaya memperkuat pemahaman masyarakat tentang keberadaan dan peran Bl, sekaligus mendorong kegiatan edukasi dan peningkatan kualitas pendidikan melalui penyediaan koleksi buku berkualitas di masyarakat.

"Hal ini tidak terlepas dari upaya untuk menciptakan generasi gemar membaca, khususnya bagi pelajar," jelasnya.

Dirinya menyebutkan hingga saat ini telah hadir 16 BI Corner di Provinsi Jambi baik yang ada di perpustakaan daerah, maupun perguruan tinggi dan Sekolah Menengah Atas.

BI Corner telah diakui dapat meningkatkan jumlah kunjungan pelajar ke perpustakaan penerima BI Corner.

"Kehadiran BI Corner juga terbukti memberikan dampak positif terhadap kebijakan pengelolaan perpustakaan dan berkontribusi dalam mendukung peningkatan akreditasi dari perguruan tinggi/sekolah penerima manfaat," tuturnya.

Bayu berharap kerjasama IAIN Kerinci dan BI dapat terus dibangun. Dirinya juga berharap BI Corner dapat bermanfaat.

"Kami menitipkan BI Corner ini untuk dikembangkan, dimanfaatkan secara maksimal, dijaga, dirawat dan ditatausahakan sebagai aset milik sekolah," tandas Bayu.

Selanjutnya, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Kerinci, Azhari mengatakan BI Corner merupakan keinginan yang sudah lama.

Melalui BI Corner, mahasiswa dapat mengetahui dunia perbankan, akuntansi dan lainnya. Sebab selain mengharapkan mahasiswa nantinya menjadi bermanfaat dalam agama.

"Biasanya kita buta dengan perbankan sekarang tidak lagi. Mudah-mudahan kedepan ini bisa bermanfaat," kata Azhari.

Peresmian BI Corner ditandai dengan penandatanganan MOU antara BI dan Rektor IAIN Kerinci. Kemudian dilanjutkan dengan pengguntingan pita. (rvi)

 

Editor  : Ansory S