Kepengurusan Paspor di Kantor Imigrasi Kerinci Masih Rendah

Minggu, 26 Januari 2020 - 21:45:44


Ilustrasi
Ilustrasi /

radarjambi.co.id-KERINCI-Jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Kabupaten Kerincj yang berangkat ke luar negeri sesuai dengan prosedur masih sangat rendah.

Untuk tahun 2019 hingga awal tahun 2020 ini hanya 83 orang yang mengurus paspor sesuai prosedur untuk menjadi TKI di luar negeri.

Kepala Sub Seksi Verifikasi Pelayanan dan Dokumen Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas 3 Non TPI Kerincj, Albabun Ilham mengatakan, Di Provinsi Jambi, Kabupaten Kerinci merupakan Kabuoaten yang terbanyak warganya bekerja di luar negeri terutama di Malaysia menjadi TKI.

Perbedaan nominal mata uang dan cerita kesuksesan warga yang menjadi TKI di Malaysia menjadi motivasi masyarakat Kerinci untuk merantau ke negeri jiran tersebut. Namun masih banyak warga Kerincj yang memilih berangkat melalui jalur tidak resmi atau non prosedural.

"Meski tidak ada rinciannya namun ada banyak warga Kerincj yang berangkat ke Malaysia dengan menggunakan paspor untuk melancong atau berwisata, kemudian merek menetap di Malaysia untuk bekerja sebagai sebagai TKI," ungkapnya.

Dikatakanya, pada tahun 2019 hingga awal tahun 2020 ini hanya ada 83 orang warga Kerincj yang menjadi TKI melalui jalur resmi atau prosedural. Jumlah tersebut dinilai masih rendah dari yang diharapkan.

"Kantor imigrasi kelas 3 non TPI Kerinci menghimbau kepada masyarakat yang ingin menjadi TKI di luar negeri agar dapat mengurua keberangkatan sesuai dengan prosedur, ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penipuan dan memudahkan pemberian bantuan jika terjadi hal yang tidak di inginkan selama berada di luar negeri," pungkasnya.(son)

 

Editor  :  Ansory S