Musim Hujan, Pemkot Benahi Drainase

Minggu, 02 Februari 2020 - 23:37:19


Perbaikan Drainase yang dilakukan Pemkot Jambi.
Perbaikan Drainase yang dilakukan Pemkot Jambi. /

radarjambi.co.id-KOTA JAMBI-Jambi saat ini dalam kondisi puncak musim hujan. Banjir genangan mengantui warga. Selain genangan di pemukiman, genangan jalan juga masih menjadi persoalan.

Penanganan yang menimbulkan solusi kongkrit belum diberikan pemerintah.
Beberapa jalan menjadi langganan tergenang saat turun hujan. Jalan-jalan tersebut merupakan kewenangan milik Pemerintah Kota Jambi, Provinsi Jambi dan Nasional.

Hal ini diakui Yunius, Kepala Bidang Sumberdaya Air (SDA) Dinas PUPR Kota Jambi. Yunius menyebutkan berdasarkan data pihaknya ada sejumlah titik jalan yang masih tergenang, yakni Lorong Wahyu di Kelurahan Tambak Sari, Jalam Abdurrahman Saleh Kelurahan Tehehok,Jalan Kartini Kelurahan Pasir Putih, Jalan Lingkar Timur II Kelurahan Sijenjang, Jalan Dewi Sartika Kelurahan Beringin.

Terminal Rawasari Kelurahan Sungai Asam, Kampung Enclek Kelurahan Sungai Asam, Jalan Hoscokro Aminoto Kelurahan Simpang III Sipin.
Jalan Widuri Kelurahan Paal V.

Juga Jalan Gajah Mada Kelurahan Jelutung, Jalan Gama Depan Masjid Hikmah Kelurahan Jelutung, Jalan HMO Bafadhal Kelurahan Cempaka Putih, Jalan Slamet Riyadi Kelurahan Solok Sipin, Depan Rumah Dinas Walikota Kelurahan Sungai Putri, Jalan HM Yusuf Singadekane Kelurahan Sungai Putri, Belakang Kantor Depag Kelurahan Telanaipura, Buluran Kenali Keluarahan Buluran Kenali.

Yunius mengungkapkan, penangan jalan tergenang di Kota Jambi sudah dilakukan beberpa upaya, diantaranya dengan cara pembersihan dan membentuk saluran yang sudah tertimbun, termasuk juga membuat drainase baru.

“Yang menjadi kewenangan kita langsung kita tangani. Ada normalisasi drainase,” imbuh Yunius.

Upaya lain sebut Yunius, pihaknya juga melakukan pembongkaran pengahalang air yang ada didalam saluran, seperti gorong-gorong yang buntu.

“Yang menyumbat kita bongkar, bagaimana caranya kita upayakan aliran air menjadi lancar,” katanya.

Yunius juga mengatakan bahwa saat ini PUPR Kota Jambi fokus melakukan pembangunan dan rehab pada spot-spot yang bermasalah untuk penghantar menuju ke sungai.

“Kita juga membongkar dan melubangi jalan-jalan yang sudah dilebarkan jika air nya tidak masuk ke drainase yang sudah dibuat,” ungkapnya.

Terkait masalah genangan pada jalan milik provinsi dan nasional, dirinya sudah melakukan koordinasi.

“Koordinasi penyampaian bantuan penanganan titik genangan yang berada di jalan provinsi dalam bentuk surat dan pemberitahuan lisan sudah kita lakukan,” pungkasnya. (ria)

 

Editor  :  Ansory s