Paket Donasi Untuk Pahlawan Persampahan

Kamis, 07 Mei 2020 - 19:37:25


Paket yang akan didistribusikan
Paket yang akan didistribusikan /

radarjambi.co.id-JAMBI- Pandemi Covid-19 semakin mengkhawatirkan dan begitu mengancam bagi seluruh lapisan masyarakat. Berbagai sektor baik itu ekonomi hingga sosial telah terdampak akibat dari wabah ini.

Tagline kampanye yang menghimbau agar masyarakat untuk belajar dari rumah, beribadan dari rumah dan bekerja dari rumah merupakan salah satu cara agar kurva penularan penyakit ini dapat ditekan.

Namun tidak semua kegiatan dapat dilakukan dari rumah, termasuk kegiatan petugas persampahan yang bertugas mengurus sampah masyarakat.

Sabtu dan selasa (2,5/5) komunitas peduli lingkungan, Jambi Greeneration, menyerahkan bantuan donasi berupa beberapa sembako dan alat pelindung diri ke beberapa tempat pengelolaan sampah dan komunitas pemulung di kota jambi.

Kegiatan ini merupakan hasil dari kerjasama beberapa stakeholder mulai dari tingkat nasional hingga ke tingkat daerah. Donasi ini diinisiasi oleh Greeneration Foundation serta Waste4Change dan terdapat lebih dari 60 komunitas lingkungan se-indonesia yang turut andil dalam gerakan ini. Donasi dikumpulkan secara online melalui platform digital kitabisa.com dan oleh beberapa pihak sponsor.

Untuk tahap pertama penyaluran donasi, Kota Jambi mendapat bantuan sebanyak 150 paket donasi yang terdiri dari minyak sayur, mie instan, susu kaleng, masker, hand sanitizer, sabun cuci tangan dan sarung tangan serta paket berbuka puasa bagi petugas persampahan di kota jambi.

“Target kita untuk donasi tahap pertama ini adalah petugas persampahan yang berkegiatan di TPS 3R se-kota jambi serta beberapa komunitas pemulung yang ada di TPA Talang Gulo serta di Komunitas Dayung Habibah di Kelurahan Legok, Kota Jambi,” ujar Suci Wulandari, ketua Komunitas Jambi Greeneration.

“Donasi sebenarnya sudah kita buka dan kita kampanyekan di akun sosial media kita, dan Alhamdulillah mendapat respon yang sangat luar biasa dari masyarat, sehingga terkumpullah dana untuk membantu petugas persampahan ini," sambungnya.

Dalam mendistribusikan donasi yang ada, Jambi Greeneration melakukan kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi terkait dengan pendataan penerima bantuan.

“Kita melakukan kerjasama dengan mitra terdekat kita, yaitu DLH Kota Jambi untuk kira-kira siapa saja yang menerima bantuan ini agar semua tepat sasaran” tambahnya.

Pembagian donasi pun dilakukan bukan tanpa rintangan. Beberapa lokasi memiliki kesulitan tersendiri dalam hal pendistribusian donasi. Seperti donasi yang diberikan kepada Komunitas Dayung Habibah yang saat ini terkena bencana banjir musiman akibat curah hujan yang lumayan tinggi belakangan ini.

Rekening donasi melalui kitabisa.com akan terus dibuka hingga beberapa waktu kedepan.

“pembukaan rekening donasi akan terus kita buka, karena seperti yang kita tau, pandemi ini belum juga nampak titik akhirnya sehingga masih banyak yang harus kita bantu agar petugas persampahan yang membantu mengurus sampah yang kita hasilkan tidak terlalu beresiko untuk turut terkena wabah ini,” tutupnya. (rvi)


Editor : Ansory S