DPS Sarolangun 200.654, Fakhri: Ditargetkan Partisipasi Pemilih 77,5 Persen

Senin, 21 September 2020 - 13:00:08


/ Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sarolangun

RADARJAMBI.CO.ID-SAROLANGUN - Tahapan Pilkada serentak tahun 2020 ini tetap dilaksanakan sesuai dengan Perpu nomor 10 tahun 2020. Tahapan yang sedang dijalani saat ini Pemutakhiran Data Pemilih. Beberapa waktu yang lalu, KPU Sarolangun telah mengumumkan jumlah Data Pemilih Sementara (DPS) sebanyak 200.654 pemilih.

Kemudian telah diumumkan melalui PPS yang ada di setiap desa untuk mengumumkan DPS tersebut, maka diminta masyarakat untuk melakukan pengecekan di wilayah masing-masing apakah sudah terdaftar atau belum.

“Jika belum terdaftar dalam DPS segera hubungi PPS atau panitia kecamatan. Kami juga menghimbau mari kita sama-sama melihat DPS , ajak masyarakat karena ada masa tanggapan dari masyarakat mulai tanggal 19-28 September 2020 baru nanti akan ada perbaikan,” kata Ketua KPU Sarolangun, Muhmmad Fakhri

Dijelaskannya pada Pilgub Jambi mendatang, jumlah tempat pemungutan suara (TPS) ada sebanyak 736 TPS yang tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Sarolangun.

Fakhri juga berharap agar partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tahapan Pilkada serentak ini, supaya pelaksanaan Pemilu ini bersih dari pelanggaran atau penyelewengan, seperti kegiatan money politik.

“Kita harus tanamkan dalam diri kita, agar kita sama-sama menghindari dari hal yang namanya money politik. Kami menghimbau sebagai penyelenggara untuk sama-sama menggunakan hak pilih dengan mengolah money politik,” katanya.

Untuk pemilihan gubernur Jambi dan Wakil Gubernur Jambi, KPU Sarolangun menargetkan sebesar 77,5 persen untik partisipasi pemilih. Sedangkan untuk melihat persentase pemilihan gubernur tahun 2015 itu sebesar 65 persen dan pilbup Sarolangun tahun 2017 sebesar 69 persen dan pemilihan legislatif tahun 2019 sebesar 83, 1 persen.


PENULIS: CHARLES R
EDITOR: ANSORY S