Syafril Nursal Ajak Masyarakat Sungai Penuh dan Kerinci Jalankan Pilkada Damai

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 11:39:17


Syafril Nursal
Syafril Nursal /

radarjambi.co.id-JAMBI-Syafril Nursal menghimbau masyarakat Provinsi Jambi khusus masyarakat Sungai Penuh dan Kerinci agar pilkada kali Ini bisa berjalan dengan baik dan damai.

Prilaku politik yang buruk seperti money politic atau politik uang, ASN dan penyelenggara pemilu yang tidak netral yang menjadi penyebab konflik di Kota Sungaipenuh, bisa ditekan supaya tidak terjadi.

"Saya mengajak kepada semua pihak terutama para pemangku jabatan. Tuo teganai, para depati dan ninik mama tokoh masyarakat dan pemuda. Mari Kita jaga marwah Negeri kita. Mari kita wujudkan pilkada damai mari kita tunjukkan bahwa masyarakat Kerinci dan Kota Sungaipenuh adalah kaum terdidik dan terpelajar," tegas Syafril Nursal.

Himbauan Syafril Nursal itu bukan tanpa alasan, sebagai tokoh asal Kerinci dirinya prihatin karena rilis dari Bawaslu yang menempatkan Kota Sungaipenuh sebagai daerah paling rawan konflik pilkada tingkat nasional bahkan di peringkat pertama.

Menurut Syafril Nursal masyarakat Kerinci dan Sungai Penuh secara umum dikenal sebagai kaum yang terdidik dan terpelajar.

Bahkan, Menurut Cawagub Nomor dua ini jika dilihat dari data Indeks pembangunan manusia (IPM), Kota Sungaipenuh sangatlah baik. Bahkan tertinggi nomor dua seprovinsi Jambi setelah Kota Jambi.

"Memang cukup prihatin bila disebut Kota Sungaipenuh sebagai daerah yang rawan konflik. Padahal IPM Kota Sungaipenuh cukup tinggi 74,67 nomor dua setelah Kota Jambi yang 77,41 data BPS Provinsi Jambi 2018. Sementara Kerinci IPM nya 70,59 pada posisi ketiga seprovinsi Jambi"Ujar Syafril Nursal. (rvi/akd)