Sempat Terdengar Dua Kali Ledakan di Gudang Penyimpanan Minyak di Kenali Asam Bawah

Senin, 26 Oktober 2020 - 16:13:10


/

RADARJAMBI.CO.ID-Sebuah gudang diduga tempat penyimpanan minyak di Kenali Asam Bawah ludes terbakar, Senin (26/10/2020). Peristiwa itu terjadi tepatnya di Jalan Lingkar Barat, KM 10, RT 31, Kenali Asam Bawah, Kota Jambi.

Dari keterangan warga sekitar, insiden kebakaran tersebut terjadi pada pukul 11.30 WIB, saat itu, api secara tiba-tiba langsung membesar dari dalam gudang, kemudian diikuti dua ledakan besar. "Tiba-tiba aja apinya besar bang, setelah itu ada bunyi ledakan," kata Naro, warga sekitar.

Tidak berselang lama setelah ledakan, api semakin membesar hingga menghanguskan seluruh isi gudang.

Belum diketahui, jumlah BBM yang tersimpan di dalam gudang tersebut, namun, api sulit dikendalikan, lantaran langsung menyambar sumber-sumber minyak yang berada di dalam gudang.

Dari gudang yang terbakar, tampak asab hitam dan tebal membumbung tinggi hingga belasan meter, hingga terlihat dari radius sekira kurang lebih 3 KM.

Sebanyak 8 armada Pemadam Kebakaran Kota Jambi dikerahkan untuk memadamkan api. Setelah berjibaku sekira kurang lebih 3 jam, api akhirnya berhasil dipadamkan.

Selain menghanguskan gudang, api juga turut melalap 1unit mobil truk dan 1 unit mobil mini bus, yang terparkir di dalam gudang.

Selain itu, dilokasi, hanya terlihat kerangka dari tangki penyimpanan minyak, sisa dari kebakaran.

Kepala Dinas Pemadam kebakaran Kota Jambi, Feriadi, mengatakan, belum dapat menjelaskan penyebab kebakaran hebat tersebut.

Namun, dia membenarkan bahwa gudang tersebut merupakan penyimpanan BBM.

"Jadi, ini memang digunakan sebagai penyimpanan BBM, karena di lokasi ditemukan tangki minyak," kata Feriadi.

Akibat kebakaran tersebut, arus lalulintas dari arah perempatan trafic light Paal 10 menuju ke arah Simpang Rimbo, mengalami kemacetan hingga sekira kurang lebih 5 kilometer.(HAR)