Al Haris Sang Birokrat dan Sani Sang Kyai Menangi Pilgub Jambi

Selasa, 15 Desember 2020 - 15:22:58


Haris-Sani
Haris-Sani /

radarjambi.co.id-JAMBI– Dari hasil resmi pleno 141 Kecamatan, teka-teki siapa yang memenangkan Pilgub Jambi 2020 terjawab sudah.

Drama seru perebutan suara antara pasangan CE-Ratu dan Haris-Sani yang mendebarkan bagi pendukung, kini boleh dibilang berakhir. Al Haris sang birokrat dan Abdullah Sani sang kiyai, menang!

Klaim kemenangan kedua pasangan melalui hasil Quick Count LSI, kini terjawab oleh hasil pleno penghitungan suara tingkat kecamatan yang sudah rampung 100 persen, dari 141 kecamatan yang ada di Jambi.

Dari hasil pleno tersebut, mengesahkan kemenangan bagi pasangan Haris-Sani.

Direktur Center Haris-Sani, Hasan Mabruri, merilis data, kemenangan Haris-Sani dibuktikan dari Form (Formulir) pengesahan D-Hasil Kecamatan-KWK seluruh kecamatan.

Rangkuman semua itu menunjukkan, pasangan dengan jargon Jambi Mantap berhasil menjadi juara dengan meraup 596.589 Suara (38,1 Persen).

Sementara, di posisi kedua ditempati pasangan CE-Ratu dengan jargon Jambi Cerah yang mendapatkan 587.172 suara (37,5 Persen), sedangkan pasangan Fachrori-Syafril dengan jargon Jambi Berkah berhasil mengumpulkan 383.639 suara (24,5 persen).

Bila dilihat dari jumlah total kemenangan Kabupaten, pasangan CE-Ratu berhasil unggul di 5 Kabupaten. Yakni; Sarolangun, Tebo, Batanghari, Tanjabbar dan Tanjabtim.

Berikutnya, pasangan Fachrori-Syafril unggul di 3 Kabupaten/Kota, yakni; Bungo, Kerinci dan Sungai Penuh. Sementara pasangan Haris-Sani juga unggul di 3 Kabupaten Kota, yakni; Merangin, Muaro Jambi dan Kota Jambi.

Meski hanya unggul di 3 Kabupaten Kota, strategi pasangan Haris-Sani boleh dibilang jitu.

Sebab, keunggulan tersebut diraih pada kabupaten/kota yang memiliki suara “gemuk”, alias memiliki pemilih paling banyak berdasarkan DPT (Daftar Pemilih Tetap).

Seperti Kota Jambi dengan pemlilih terbanyak pertama, Muaro Jambi pemlih terbanyak kedua dan Merangin pemilih terbanyak ketiga.

Di Kota Jambi, pasangan Haris-Sani berhasil meraup 126.334 suara (52,8 persen), jauh unggul dari pasangan CE-Ratu yang meraih 74.407 (31,1 persen), sementara Fachrori-Syafril meraih 38.421 suara (16,1 persen).

Kemenangan terbesar Haris-Sani terjadi di Kabupaten Merangin, di mana pasangan nomor urut 3 ini berhasil meraih 116.070 suara atau 69,7 persen, disusul pasangan CE-Ratu 34.443 suara (20,6 persen) dan pasangan nomor urut 3 dengan perolehan 16.122 suara.

Direktur Centre Haris-Sani, Hasan Mabruri S.Sos mengucapkan rasa syukur atas kemenangan ini.

Menurutnya, kemenangan ini bukanlah kemenangan Haris-Sani saja, tapi kemenangan seluruh elemen pencinta demokrasi dan rakyat Jambi.

”Bapak Al Haris dan Bapak Abdullah Sani mengucapkan rasa syukur terkait hasil ini. Ini adalah kemenangan demokrasi di Jambi, ini adalah kemenangan seluruh masyarakat, kemenangan ini adalah awal kebangkitan kita untuk membangun Jambi dimasa akan dating,” tutur pria yang akrab disapa Bohok ini.

Ia juga mengimbau kepada seluruh pendukung dan pemilih Haris-Sani untuk tetap menjaga suasana kondusif sampai proses penetapan nanti.

”Tentu kita semua merasa gembira dengan kemenangan ini, dan sangat wajar bila masyarakat merasa senang. Meski begitu, satu hal yang lebih penting adalah, kita harus kembali merajut kebersamaan, kembali merangkai semangat, kembali menyulam rasa saling memliki, karna sikap ini adalah kekuatan bagi Haris-Sani nantinya dalam menyukseskan pembangunan Jambi untuk kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Terkait merebaknya isu akan ada gugatan dari pasangan lain ke Mahkamah Konstitusi (MK), ia mengaku tidak ingin berspekulasi.

”Saya kira semua kandidat diberi ruang yang sama untuk berekspresi, saya tidak ingin berspekulasi terkait isu tersebut. Namun satu keyakinan saya.

Semua kandidat adalah orang-orang besar dan tokoh kunci panutan masyarakat Jambi, para panutan kita tersebut saya yakini tidak ingin ada kegaduhan lebih lanjut, karena semua mencintai Propinsi Jambi dan semua pasti ingin Jambi segera membangun dan melaju untuk mengejar ketertinggalan.

Sekarang mari kita semua berpikir positif untuk kemaslahatan,” tandasnya.(rvi/akd)