H Samiun Siregar Maju Untuk Walikota, Bukan Wakil

Senin, 25 Januari 2021 - 10:37:35


Baleho H Samiun Siregar yang bermunculan di Sudut Kota Jambi.
Baleho H Samiun Siregar yang bermunculan di Sudut Kota Jambi. /

radarjambi.co.id-KOTA JAMBI-Pemilihan walikota Jambi baru dilaksanakan tahun depan. Namun kandidat calon orang no 1 di Kota Jambi ini, mulai bermunculan.

Baik dari politisi, birokrat dan pengusaha. Salah satu pengusaha yang ingin ikut bertarung dalam pemilihan Walikota Jambi mendatang yaitu H Samiun Siregar.

H Samiun Siregar serius untuk maju sebagai calon walikota Jambi. Ini terbukti dengan bertebaranya baleho H Samiun Siregar di sudut kota Jambi.

Pria kelahiran 10 Agustus 1961, asal Sumatera Utara. Kesehariannya berprofesi sebagai pengusaha suami dari Hj Warda Sari Ritonga, dikarunia 5 Putra dan 1 Putri.
Diusianya yang telah menginjak 60 tahun, dia juga memiliki 3 orang cucu.

Paku Siregar begitu nama yang dikenal tersebut terdiri dari 8 bersaudara mulai merantau ke kota Jambi tahun 1982, lantas kembali ke tanah kelahirannya 1984 menikahi Hj Warda Sari Ritonga lalu kembali lagi ke kota Jambi.

“Bapak itu pertama datang ke Jambi, tahun 1982 dia merantau kesini dan ikut-ikut orang. Orang ke pasar subuh dia ikut, dia lajang datang kesini dan sangat susah,” ucap Paris siregar, salah seorang anak Paku Siregar.

Paris menambahkan, ayahnya pertama kedatangannya bekerja serabutan bahkan beraktivitas di Pasar Angso Duo demi memenuhi hidup.

Singkat cerita takdir menghantarkannya menjadi seorang pengusaha, dia juga sempat terjun ke dunia politik. Buktinya pernah menjabat sebagai anggota DPRD Kota Padangsidempuan, provinsi Sumatera Utara periode 2009-2014.

“Bapak itu suka melawak, melucu, tapi kalau tegas dia tidak main-main dengan ketegasannya. Kalau sudah melawak kita bisa terpingkal-pingkal,” Cerita Paris Siregar, Sabtu(23/01).

Empat anaknya bahkan juga berhasil menjabat sebagai anggota DPRD Kota Jambi bergantian dua periode. Pada periode pertama ia berhasil menaikkan anak kedua dan ketiganya sebagai anggota DPRD Kota Jambi yakni Pardomuan Siregar dan Paris Siregar periode 2014-2019.

Kemudian periode kedua, anak pertama dan keempatnya juga berhasil naik menjadi anggota DPRD Kota Jambi yaitu Martua Muda Siregar dan Maya Fitria Siregar pada periode 2019-2024.

Menariknya Maya Fitria Siregar anak keempat, selain sebagai anggota dewan dia masih dalam masa penyelesaian studinya di perguruan tinggi dan termasuk anak paku siregar yang ke-5 dan paling bungsu masih berkuliah sembari bekerja.

Paku Siregar suka bermain catur, rupanya tidak mengajarkan anaknya untuk hanya bermanja-manja, belum usai pendidikan di perguruan tinggi, sudah diarahkan untuk sambil bekerja atau terjun ke dunia politik.

Paris memberikan bocoran, sang bapak suka salah satu makanan khas di Sumatera Utara yaitu daun singkong tumbuk. Sosok misterius semakin kental melekat pada Paku Siregar karena penyuka warna hitam.

“Pesan bapak yang selalu kami pegang selaku anaknya ialah, jangan pernah berhenti atau lupa berbagi dengan sesama atau sedekah,” Ungkap Paris.

Pada kesempatan ini, Paris juga menegaskan Samiun Siregar bukan maju di gelanggang pemilihan sebagai Wakil namun Wali Kota Jambi “Bapak tidak sedang mengincar posisi wakil tetapi menuju nomor satu, menuju Wali Kota Jambi,” pungkasnya. (ria/akd)