Ember dan Baskom Untuk Tampung Air Hujan, Atap RS Abdul Manaf Banyak Bocor

Selasa, 26 Januari 2021 - 21:51:15


Rumah sakit Abdul Manaf
Rumah sakit Abdul Manaf /

Radarjambi.co.id-KOTA JAMBI-Sejumlah titik di gedung RS Abdul Manap Kota Jambi mengalami kerusakan.

Rumah sakit plat merah yang terlihat megah dari luar tesebut, diketahui dalam gedungnya banyak fasilitas fisik yang rusak. Hal tersebut tentu membuat ketinyaknyaman pasien dan keluarga pasien.

Pantauan langsung harian ini di gedung RS Abdul Manap, atap yang bocor tampak di gedung perawatan anak. Sejumlah plafonnya sudah terlihan bolong.

Bahkan di titik yang bocor tersebut diletakan baskom dan ember untuk menampung air ketika hujan. Satu baskom terlihat di atas plafon dan satu ember terlihat dilantai koridor ruang rawat anak.

Disisi lain, sejumlah dinding gedung rumah sakit juga terlihat rusak. Cat dinding juga banyak terlihat bercak hitam.

Wakil Walikota Jambi Maulana yang saat bersamaan mengunjungi pasien di RS Abdul Manap, saat dikonfirmasi mengatakan, bangunan serta sarana prasarana di RS Abdul Manap akan terus diupayakan dari sumber Dana Alokaai Khusus (DAK Pusat) dan dibantu dari ABPD Kota Jambi.

"Juga bisa dari dana BLUD Rumah Sakit sendiri. Tapi dari BLUD ini diutamakan yang urgent," kata Wakil Walikota Jambi Maulana, saat dikonfirmasi terkait banyaknya kebocoran dan kerusakan sarana prasana di RS Abdul Manap, Sabtu (23/1).


"APBD tetap support, tapi tidak banyak lagi," tambahnya. Disisi lain, Maulana menjelaskan sisi pelayanan di RS Abdul Manal. Dirinya sudah melihat langsung dari pintu masuk RS pelayanan sudah berbasis teknologi informasi.

"Untuk nomor antrian palayanan, secara mandiri pasien bisa tekan tombol mengambil nomor antrian. Nanti ditingkatkan lagi, pasien bisa ambil nomor antrian dari rumah dan diberitahu jam berapa harus datang ke rumah sakit oleh petugas," tuturnya.

"City scan juga sudah ada, laboratorium juga sudah. Peralatan sudah canggih. Dengan BLUD ini kita dorong rumah sakit Abdul Manap bekerja maksimal," tambahnya.

Kata Maulana, pihaknya menyiapkan RS Abdul Manap menjadi rumah sakit rujukan pasien wilayah timur Jambi. "Kita harus unggul disini," ujarnya.

Sementara Dirut RS Abdul Manap Rudi Pardede saat dikonfirmasi, tidak bersedia memberikan tanggapan kepada sejumlah wartawan. Ia mengelak sembari mengangkat tangan dan berlalu dari wartawan. "Sudah, cukup dari pak Wawako tadi saja," katanya. (ria/akd)