Bank Mandiri Syariah Resmikan ATM Beras di Masjid Azizi

Minggu, 31 Januari 2021 - 22:39:02


Bank Syariah Mandiri (BSM) area Jambi saat meresmikan ATM beras di Masjid Azizi, di jalan Sumantri Brojonegoro (Kebun Jeruk)
Bank Syariah Mandiri (BSM) area Jambi saat meresmikan ATM beras di Masjid Azizi, di jalan Sumantri Brojonegoro (Kebun Jeruk) /

radarjambi.co.id-JAMBI-Bank Syariah Mandiri (BSM) area Jambi meresmikan ATM beras di Masjid Azizi, di jalan Sumantri Brojonegoro (Kebun Jeruk), RT. 10 no. 3, Kelurahan Payo Lebar, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi. Jum'at (29/1).

Ari Yusnairy Muslim, Area Manager Bank Syariah Mandiri Area Jambi mengatakan diluncurkannya ATM Beras bertujuan untuk membantu masyarakat kurang mampu di sekitar masjid.

"Mandiri Syariah ingin hadir untuk membawa manfaat bagi masyarakat khususnya bagi saudara kita yang kurang mampu. Diletakkan di Masjid karena selain tempat ibadah juga merupakan pusat perekonomian dan aktivitas spiritual masyarakat," ujarnya.

Dijelaskannya, Pendistribusian ATM beras ini secara nasional dilakukan di 35 Area Mandiri Syariah. Dan ini merupakan perdana diluncurkan di Kota Jambi.

"Tidak semua Provinsi punya ATM beras ini, Alhamdulillah Jambi Terpilih menjadi salah satu yang mendapatkannya," sebutnya.

Ia menyampaikan ATM Beras merupakan perangkat yang bisa mengeluarkan beras dalam jumlah tertentu secara otomatis. Caranya dibuat semudah mungkin, pengguna hanya perlu mendekatkan kartu ke bagian pembaca kartu di bagian tengah muka mesin.

Begitu kartu ditempel beras pun akan keluar. ATM Beras Mandiri Syariah mempunyai kapasitas 240 liter dan mempunyai keunggulan mudah dioperasikan, dan juga mudah dalam perawatannya.

Mustahik/ Penerima yang sudah terdaftar dan mendapatkan rekomendasi dari Pengurus Mesjid Azizi sebanyak 100 (seratus) orang akan mendapatkan Kartu ATM Beras untuk mengambil beras di ATM Beras.

"Setiap minggu bagi penerima dapat mengambil beras sebanyak 3 liter," tuturnya.

Ia menambahkan program ATM Beras ini juga merupakan implementasi program Sustainable Finance Mandiri Syariah untuk membantu dan mempermudah penyaluran beras, sekaligus program campaign mengajak masyarakat untuk berdonasi beras.

Selain itu, untuk lebih memudahkan masyarakat berdonasi, berinfak, sedekah, zakat, wakaf (ziswaf) Bank Syariah Mandiri menyediakan layanan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS), yaitu metode pembayaran secara digital, dengan tanpa harus menggunakan uang tunai.

"Alhamdulillah saat ini Mesjid Azizi telah memiliki QRIS Mandiri Syariah guna mempermudah masyarakat melakukan transaksi Ziswaf," katanya.

Mandiri Syariah Area Jambi juga mengucapkan terima kasih kepada pihak pengurus Mesjid Azizi selaku pihak yang mengelola dengan baik ATM beras tersebut.

“Semoga keberadaan ATM Beras ini dapat membantu masyarakat dan menjadi kontribusi Mandiri Syariah dalam program Pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan,” pungkasnya.

Sementara itu, pengurus Masjid Azizi H. Lukman mengucapkan terima kasih kepada Bank Syariah Mandiri yang telah berperan aktif sehingga dapat meluncurkan ATM beras.

"Alhamdulillah, tempat kami yg dipilih untuk pertama kali diluncurkan ATM beras. Kami sangat berterima kasih. Mudah-mudahan ini berkelangsungan kedepan," ujarnya. (rvi/akd)