Lolos Tahap I PPD Tahun 2021, Provinsi Jambi Masuk 18 Besar se-Indonesia

Rabu, 17 Februari 2021 - 14:39:55


Doni Iskandar
Doni Iskandar /

RADARJAMBI.CO.ID-Provinsi Jambi masuk 18 besar tingkat provinsi se Indonesia yang mengikuti tahap I dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2021 oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional RI.

PPD tahun 2021 ini meliputi tiga tahapan penilaian yaitu penilaian teknis dokumen, presentasi dan wawancara, serta verifikasi.

Untuk Provinsi yang dinyatakan lolos tahap I, akan mengikuti proses selanjutnya berupa penilaian tahap II (presentasi dan wawancara) yang akan dilaksanakan tanggal 25 Februari sampai 2 Maret mendatang.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jambi Doni Iskandar mengatakan bahwa ini merupakan proses penilaian perencanaan tahun kemarin.

"Yang dinilai adalah dokumen perencanaan. Nanti pada saat Musrenbangnas akan diumumkan pemenangnya, dan sekarang masih harus berjuang meyakinkan juri," ujarnya, Rabu (17/2/2021).

PPD ini, kata Doni diadakan setiap tahun. Dimana saat masa kepemimpinan Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA), Provinsi Jambi mendapat urutan ketiga. Namun tahun-tahun berikutnya selalu menurun.

"Saat pertama kali diselenggarakan, (zaman HBA) Jambi dapat urutan tiga Pangripta Nusantara. Setelah itu kita selalu melorot. Sekarang sedang berjuang tertatih-tatih karena gedung sebelah pun kurang mendukung. Tapi mudah-mudahan bisa lolos tahap selanjutnya," ungkapnya.

Diketahui 18 Provinsi yang lolos ialah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Kep. Bangka Belitung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan Gorontalo.(*)