Tukang Ketek Banyak Beralih Profesi

Kamis, 18 Februari 2021 - 09:32:14


Tukang ketek di jembatan gentala Arasy
Tukang ketek di jembatan gentala Arasy /

radarjambi.co.id-KOTA JAMBI- Semenjak berdirinya jembatan yang menghubungkan pasar Jambi dan Seberang Kota Jambi Gentala Arasy berdampak terhadap pendapatan penambang ketek tradisional di Seberang Kota.

Hal ini seperti yang dituturkan Junaidi salah seorang penambang ketek di Sekoja , menurut Junaidi sebelum berdirinya jembatan Gentala Arasy dalam satu hari Junaidi bisa menghasilkan uang sebesar Rp.50 ribu.

"Dulu sebelum ado jembatan tu dapat lah sayo Rp.50 ribu sehari kalo sekarang jarang , jangankan Rp.50 ribu Rp.15 ribu bae susah," tutur junaidi dengan logat Jambi yang kental, Kemarin (12/02)

Junaidi menambahkan, dengan penghasilan seperti itu tidak dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari sehingga banyak tukang ketek mencari penghasilan tambahan.

"Banyak jugo yang sudah beralih profesi jadi tukang bangunan kalo sayo jago toko orang rumah . selain tu bekurangnyo ketek siko yang mau narek dak ado lagi dah banyak yang tuo umur nyo dak kuat lagi fisik e," ujar nya.

Dulu menurut Junaidi ketek ini merupakan alat transportasi utama warga Sekoja untuk kewasan pasar Jambi guna membeli kebutuhan sehari-hari.

"Banyaklah dulu orang yang make ketek ni untuk bawa sayur nyebrang kadang biso jugo bawa motor tapi kalo ado wargo nak cepat nyebrang naek ketek ni lah kalo jalan capek panjang jembatan tu," pungkas Junaidi. (mg/akd)