Ragam Tren Baru di Masa Pandemi

Jumat, 19 Februari 2021 - 10:33:53


/

Halo sobat milenial berbicara mengenai pandemi , tentu saja pandemi menghadirkan banyak perubahan pada kehidupan masyarakat , kita sebagai masyarakat indonesia tentunya harus menyesuaikan rutinitas dan gaya hidup yang dilakukan sehari – hari dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Nah perubahan gaya hidup dan rutinitas di era new normal pastinya membawa perubahan tren hobi.

Melakukan hobi dipercaya dapat menurunkan dan mengurangi rasa stres ,karena hobi dapat membuat seseorang merasa senang akhirnya timbul pula semangat dan energi baru untuk menjalankan aktivitas lainnya.

Pandemi juga mendorong masyarakat menjadi semakin kreatif untuk mengisi waktu luang dirumah . hal inilah yang dapat dijadikan keuntungan untuk memiliki hobi baru yang tak hanya menghapus rasa bosan tetapi juga menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan.

Jadi selama masa pandemi selain kita harus meningkatkan imunitas didalam tubuh untuk menjaga kesehatan fisik ,dan kita juga harus menyeimbangkan kesehatan mental .

Nah , apa saja sih tren hobi baru yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang saat bosan dirumah ? yuk simak beberapa hal seperti berikut ,dilansir dari berbagai macam sumber.

1. Menonton Film
Menonton film atau serial drama memang jadi salah satu kegiatan favorit untuk mengisi waktu luang.Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, yang mengharuskan kita semua tetap berada di rumah dan enggak bisa berkegiatan di luar.
Yup! Menonton film memang enggak harus di bioskop, tapi bisa juga streaming dari rumah.

Banyak situs berlangganan yang bisa dinikmati untuk menonton film selama masa pandemi berlangsung seperti netflix ataupun youtube , kamu hisa memilih genre film yang kamu sukai seperti komedi , horor , romance , apalagi seperti saat ini beberapa tontonan seperti drama Korea sedang naik daun dikalangan milenial .
Selain menjadi hiburan, film dapat menginspirasi dengan memberi kita pandangan sekilas tentang kebenaran sederhana kehidupan dalam perspektif yang berbeda .

2. Buka jendela dunia dengan membaca

Membaca buku adalah pilihan yang sangat tepat disaat pandemi seperti ini. Karena dapat mengasah kemampuan otak, menurunkan stres dan meningkatkan kreatifitas.Pilihlah buku yang kamu suka. Kamu bisa membaca novel, biografi, buku sejarah, atau buku motivasi. Bahkan kamu juga bisa membaca buku memasak. Selain kreatifitasmu meningkat, keterampilan memasakmu juga akan terasah.

3. Aktif Bergerak dan Melakukan Olahraga

Salah satu cara terbaik mengatasi emosi-emosi yang timbul di masa krisis adalah dengan melepaskannya dengan aktivitas fisik. Meluangkan 30 menit setiap hari untuk berjalan pagi, atau jogging, akan berdampak sangat baik pada emosi Anda. Tinggalkan dulu smartphone ketika berjalan atau lari pagi, cukuplah menikmati oksigen di pagi hari, berkeringat, sambil tetap menjaga physical distance dengan yang lain.

4. Uji kemampuan memasak dengan explore resep baru

Memasak merupakan salah satu kegiatan yang bisa dieksplorasi dan membuka peluang usaha. Selain mengobati rasa rindu akan makanan di restoran, uji coba menciptakan menu baru dapat mengenyangkan dan menyenangkan hati keluarga.
Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2016 mengungkapkan bahwa memasak dapat meningkatkan kreativitas dan kebahagiaan.

Studi ini mengikuti gerakan dan bahasa tubuh 658 orang selama dua minggu ketika memasak dengan cermat dan mencatat bahwa ketika mereka melakukan hal-hal kecil, bermakna, dan menenangkan seperti memanggang setiap hari, membuat mereka merasa lebih bahagia.

5. Bercocok Tanam atau Berkebun

Selama di rumah saja, kamu juga bisa mengikuti tren berkebun di masa pandemi yang paling banyak di gemari bahkan kenaikan transaksi pada sub kategori taman sepanjang 2020 naik 4 kali lipat.

Kamu bisa menanam dan merawat tanaman sayur-sayuran, buah-buahan atau bahkan bunga untuk mengisi lahan kosong di rumahmu , Belakangan ini sedang tren menanam sayuran hidroponik.

Selain itu beberapa hari belakangan ini juga sedang tren koleksi tanaman hias yang nilai jualnya fantastis hingga ratusan juta rupiah bahkan ada yang dihargai setiap helai daunnya.

Beberapa tanaman hias tersebut diantaranya janda bolong, sri rejeki, juga tanaman mangave.Bercocok tanam atau berkebun selain dapat meningkatkan kualitas udara di sekitar rumah kita, juga dapat melatih kesabaran, dan menikmati setiap proses bertumbuh.

Penulis : Melly Kurniati

(Mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi)