Rocky Candra Perjuangkan Jambi Dalam Forum Internasional Agenda IMT-GT

Jumat, 26 Februari 2021 - 20:36:59


Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Rocky Candra
Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Rocky Candra /

RADARJAMBI.CO.ID-Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Rocky Candra, Jumat (26/2) menghadiri webinar internasional dalam rangka pertukaran praktik baik pemulihan ekonomi lokal dan di luar negeri serta dialog nasional Penguatan Sinergi Pemerintah Daerah, Pelaku Usaha dan Kelompok Masyarakat Sipil dalam Pemulihan Ekonomi Nasional di Indonesia dan Kawasan Sub Regional IMT-GT yang digelar 24-26 Februari di Novotel Hotel, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Sekjen Kementerian Dalam Negeri, Kepala LKPP, Mr. Masaoka Shinichi Expert from Japan, Mr. Kuroiwa Takashi Expert from Japan, Prof Patrick Ziegenhain expert from Germany, Staf Khusus Kemendagri Bidang Politik dan Media, Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Deputi Bidang Sumberdaya dan Kelembagaan kemenparekraf, Bupati Musi Banyuasin, Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama Kemendagri.

Dalam kegiatan tersebut Rocky Candra diundang sebagai pembicara. Ia juga menpertegas peranan dan dukungan legislatif dalam implementasi program kerja sub regional IMT-GT.

Rocky juga mengatakan pentingnya IMT-GT bagi daerah adalah kekuatan untuk meningkatkan daya saing di daerah-daerah, meningkatkan konektivitas, serta meningkatkan nilai perdagangan, pariwisata dan investasi.

Ia juga mengatakan bahwa legislasi berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah, peraturan daerah yang mendukung visi IMT-GT yakni inovatif, inklusif dan berkelanjutan.

"DPRD harus memastikan penyederhanaan regulasi dan prosedur untuk meningkatkan efisiensi perdagangan, serta mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan investasi," kata Rocky.

Rocky Juga berbicara mengenai perlu membuat terobosan untuk mencapai Visi IMT-GT 2036. Terobosan itu harus dipikirkan bersama-sama sehingga pemulihan ekonomi di masa pandemi COVID-19 bisa teratasi dengan cepat, tepat dan tuntas.

Tiga negara di Asia Tenggara itu bersepakat membentuk kerja sama ekonomi dan dagang, yang disebut Segitiga Pertumbuhan Ekonomi. Indonesia, Malaysia, dan Thailand (IMT-GT) bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi.

Rocky di kesempatan itu juga mendorong pengembangan kawasan ekonomi baru di Sengeti (Muarojambi), Kualatungkal (Tanjungjabung Barat dan Muarasabak (Tanjungjabung Timur).

Sengeti, Kualatungkal dan Muarasabak (SENTUSA) katanya adalah kawasan ekonomi penyangga dan menjadi stimulus pengembangan program kerta IMT-GT.

"Pembangunan rumah sakit, sekolah maritim dan perguruan tinggi juga akan kita dorong semaksimal mungkin dari legislatif dan tentunya juga akan kolaborasi bersama pemerintah daerah untuk pemulihan serta peningkatan perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat," katanya menambahkan.(*)