Bangunan Turap di Dusun Sarolangun Jadi Prioritas Komisi III DPRD

Rabu, 03 Maret 2021 - 20:59:50


Komisi III DPRD Sarolangun
Komisi III DPRD Sarolangun /

RADARJAMBI.CO.ID-SAROLANGUN - Situasi dan kondisi pemukiman warga RT 13, Kampun Baru, Kelurahan Dusun Sarolangun, Kecamatan Sarolangun yang berjarak sekitar 5 Meter dengan bibir Sungai Tembesi sangat memperhatikan.

Sebab, terancam ambruk akibat terkikis oleh aliran Sungai Tembesi. Persoalan ini menjadi motivasi bagi Komisi III DPRD untuk merencanakan pembangunan turap pada tahun 2022 yang diusulkan ke Pemprov, Kementerian PU RI. Sedangkan, untuk langkah terakhir dengan mencadangkan pembiayaan dari APBD Sarolangun.

Pada Rabu (03/03) siang, Ketua Komisi III DPRD Sarolangun, M fadlan Arafiqi SE MH bersama Yusuf Helmi AB SE, Asri Amer, Asmarul, Sapto Agung Prastio dan M Zabidi turun ke lokasi bersama Kabid SDA Rendi Wahana ST, Kabid Penanggulangan Bencana, Yen Iswadi.

Ketua Komisi III DPRD Sarolangun, Muhammad Fadlan Arafiqi SE MH mengatakan, jika sesuai kesepakatan bersama atas mitra kerja Komisi III, maka pembangunan turap di Kampung Baru, Kelurahan Dusun Sarolangun masuk dalam skala prioritas pembangunan di Kabupaten Sarolangun tahun 2022.

"Bersama Dinas PUPR dan BPBD kita sepakat merencanakan pembangunan turap di Kampung Baru,"kata anggota DPRD Sarolangun yang juga Ketua DPC PKB Sarolangun.

Menurutnya, terkait dengan sumber dana pembangunan turap tersebut akan berusaha melalui dari dana BPBD pusat dan juga lewat BWS ataupun SDA Provinsi.

"Arternatif terakhir lewat APBD Kabupaten Sarolangun, Yang penting kami dari dewan tahun 2022 ini selesai,"ujarnya

M Fadlan Arafiqi menilai, jika pembangunan turap sepanjang 97 meter itu ditaksirkan menelan anggaran sekitar Rp 8 miliar rupiah.

"Nanti, terkait dengan anggaran akan disesuaikan secara kajian tekhnis oleh konsultan. Bisa saja nilainya lebih tinggi atau bisa saja berkurang,"tandasnya.

 


PENULIS: CHARLES R