Ketua DPRD Motori Paripurna Penyampaian 3 Ranperda dan Hasil Reses

Selasa, 16 Maret 2021 - 19:38:22


Jalannya paripurna DPRD Sarolangun
Jalannya paripurna DPRD Sarolangun /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sarolangun menggelar dua rapat paripurna, yakni paripurna penyampaian 3 Ranperda dan paripurna penyampaian hasil Reses tahap 1, Selasa (16.03) dimulai pukul 14.30 WIB.

Ketiga Ranperda yang disampaikan, yakni Ranperda penyertaan PDAM, Ranperda perubahan perubahan nomenklatur dan Ranperda pengakuan dan perlindungan masyarakat adat.

Paripurna dimotori oleh Ketua DPRD Tontawi Jauhari SE didampingi Wakil Ketua I Aang Purnama SE MM, Wakil Ketua II Syahrial Gunawan dan dihadiri 25 dari 35 orang anggota DPRD.

Dari eksekutif hadir Bupati Sarolangun, Drs H Cek Endra, Sekda Ir Endang Abdul Naser bersama sejumlah Kepala OPD.

Selain itu hadir, Kajari Bobby Ruswin SH, Kepala Kemenag H Syatar, Pabung Dim Sarolangun Mayor Inf CHB Mentomeri dan Kepala Pengadilan Agama Sarolangun.

Penyampaian 3 Ranperda disampaikan secara langsung oleh Bupati H Cek Endra, setelah itu menyerahkan draf 3 Ranperda kepada Ketua DPRD Sarolangun.

Penyampaian hasil Reses tahap I DPRD disampaikan oleh Azra'i Wahab, kemudian menyerahkan draf hasil Reses ke Ketua DPRD Sarolangun. Selang beberapa menit kemudian, Ketua DPRD menyerahkan draf hasil Reses ke Bupati.

Ketua DPRD, Tontawi Jauhari mengatakan, paripurna yang dilaksanakan ini merupakan agenda awal tahun DPRD Sarolangun dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi yang mengacu pada aturan.

"Untuk reses tahap I DPRD sudah dirampungkan sejak 14 Februari hingga 20 Februari 2021 sesuai dengan Daerah Pemilihan (Dapil) anggota DPRD. Hasil Reses ini akan disinergikan dengan hasil Musrenbang Kecamatan yang akan dimuat dalam RKPD Sarolangun 2022,"sebutnya.

Terkait 3 Ranperda, kata Ketua DPRD akan dibahas di DPRD sesuai dengan tahapan proses yang berlaku.

"Kami menilai 3 Ranperda yang disampaikan oleh eksekutif dinilai penting, maka akan ditindaklanjuti,"sebutnya.

Bupati Sarolangun, H Cek Endra memberi apresiasi kepada DPRD atas reaksi cepat yang dilakukan DPRD dalam merespon dan tindaklanjut Ranperda yang diajukan oleh eksekutif.

"Kami berharap sinergitas antara DPRD dan eksekutif dalam memajukan daerah akan tetap terjalin baik. Semoga proses dalam pembahasan hingga pengesahan 3 Ranperda menjadi Perda berjalan dengan lancar, sehingga nanti bisa diterapkan,"tandasnya.

 

PENULIS: CHARLES R
EDITOR; ANSORY S