Anggota DPRD Kota Jambi KFA meninjau Rumah Warga Yang Ambruk Akibat Hujan Deras

Minggu, 23 Mei 2021 - 19:48:56


KFA Melihat rumah warga yang ambruk
KFA Melihat rumah warga yang ambruk /

radarjambi.co.id-KOTA JAMBI-Hujan deras yang mengguyur Kota Jambi kemarin, Sabtu (22/5) Menyebabkan rumah warga yang berlokasi di RT 09 Kelurahan Pematang Sulur kecamatan Telanaipura ambruk.

Hal tersebut terjadi karena struktur ataupun pondasi tanah yang sudah tidak kuat lagi. Selain itu, bangunan rumah tersebut juga membelakangi aliran sungai. Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Jambi Kemas Faried Alfarely (KFA) bersama dengan Kabid SDA Dinas PUPR Kota Jambi Yunius, serta camat dan lurah melihat langsung rumah warga tersebut.

"Kami hadir, negara hadir, pemerintahan hadir untuk bagaimana caranya memberikan penyelamatan untuk kedepan bersama Dinas PU," kata Faried. Minggu, (23/5).

Faried juga mengajak pihak provinsi untuk bisa bersama - sama bersinergi.

"Kami juga mengetuk hati kawan - kawan di provinsi. Melalui balai dan kawan di pemerintahan provinsi untuk melakukan komunikasi yang baik sehingga persoalan banjir di Kota Jambi terkait dengan drainase ini bisa sama-sama kita tanggulangi," ujarnya.

Kabid SDA Dinas PUPR Kota Jambi, Yunius menambahkan bahwa drainase tersebut berasal dari Sungai Kambang.

"Dan ini merupakan alur Sungai Kambang dan ada sedikit sungai yang berliku. Dan di satu sisi ada sekitar 60 meter tidak memiliki dinding," Terangnya.

"Ini pembangunan drainase tahun 2012 menurut informasinya. Dibangun oleh pemerintah provinsi dan debit air kita semakin hari semakin tinggi sehingga dinding yang tidak mempunyai kontruksi penahanan tanah tadi rawan longsor," lanjutnya.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya akan segera melakukan pengamanan terhadap rumah yang berada dekat dengan aliran sungai tersebut.

"Kami akan segera melakukan tindakan, setidaknya melakukan pengamanan untuk penguatan fondasi untuk rumah yanh disebelahnya. Mudah - mudah masih bisa kita selamatkan," pungkasnya. (ria/akd)