Rekonsiliasi Politik Haris dan Cek Endra Terbentuk

Jumat, 04 Juni 2021 - 16:23:39


Wawancara H Haris dan H Cek Endra di Rumdis Bupati Sarolangun, Jum'at (04/06) sekitar pukul 11.35 WIB
Wawancara H Haris dan H Cek Endra di Rumdis Bupati Sarolangun, Jum'at (04/06) sekitar pukul 11.35 WIB /

RADARJAMBI.CO,ID,SAROLANGUN - Drama politik dalam perebutan kursi Gubernur Jambi 2021-2024 telah usai. Ini ditandai dengan pleno rekapitulasi hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi Jambi pada Kamis (04/06).

Hasilnya, Haris-Sani sebagai Gubernur Jambi terpilih. Kini, menunggu jadwal pelantikan Haris-Sani sebagai Gubernur Jambi.

Sehari pasca pleno KPU Provinsi Jambi, akhirnya rekonsiliasi politik antara Pasangan Calon (Paslon) nomor urut I, CE-RATU dengan Paslon nomor urut 03, Haris-Sani terbentuk.

Pada Kamis (04/06) pukul 10.00 WIB, Gubernur Jambi terpilih, H Al Haris bershilaturahmi dengan H Cek Endra di Rumah Dinas (Rumdis) Bupati Sarolangun, seputaran Ancol, Kelurahan Pasar Sarolangun, Kecamatan Sarolangun.

Perbincangan antara Haris dan CE terbilang cukup bermakna dan mengesankan. Perbincangan tersebut berlangsung sekitar satu setengah jam. Sekitar pukul 11.35 WIB H Al Haris meninggalkan Rumdis Bupati Sarolangun untuk mengejar waktu shalat Jum'at berjamaah.

Kendatipun di Rumdis hadir putranya bernama Gery bersama orang dekat CE, seperti Tontawi Jauhari, Yusuf Helmi, Samsul Ridwan dan ustadz H Syatar, namun perbincangan antara H Al Haris dan H Cek Endra mengambil posisi di ruangan khusus secara empat mata.

Ketika diwawancarai, Haris mengatakan, jika dirinya punya sejarah yang tidak dipisahkan dalam hidupnya, salah satunya ikut berjuang ketika CE-HBA maju sebagai Bupati Sarolangun tahun 2006.

"CE dan HBA sudah seperti orang tua sendiri. Politik itu ada ranahnya, tapi hubungan keluarga atau hubungan emosional anak dengan orang tua itu tidak bisa dipisahkan,"sebutnya.

Haris minta kepada masyarakat Jambi agar tetap hidup rukun dan damai. Sarolangun dan Bangko merupakan satu keluarga besar, dulumya satu wilayah yang bernama Sarko, persis sama ia dengan CE satu lingkaran keluarga besar.

"Dalam perpolitikan itu sudah ada ranahnya, sekarang ini kita tinggal membangun Jambi sama-sama. Saya sudah sampaikan agar pak CE memberikan nasehat, pemikiran untuk Jambi kedepan. Beliau ini seorang pejuang, pengusaha, intrepreneur, pokonya lengkaplah, saya minta masukan kepada beliau, karena saya juga tahu pak CE banyak relasi di Jakarta,"ungkapnya.

Haris menegaskan, agar Timses tidak ada lagi berkomentar dengan rumor yang aneh dan nyeleneh, baik itu di tengah masyarakat ataupun di media sosial .

"Semuanya sudah selesai, mari kita memikirkan Jambi kedepan. Untuk itu sangat diharapkan kepada Timses untuk tidak ada lagi berkomentar yang aneh,"tambahnya.

Ketika disinggung soal apa saja yang dibicarakan dengan CE, dikatakan Haris pak CE sangat cinta dengan Jambi, tentu yang diperbincangkan terkait dengan kemajuan pembangunan Provinsi Jambi kedepan.

"Kapanpun nanti saya akan nelpon pak CE, sebaliknya pak CE bebas menelpon saya. Kami bisa sharing untuk pembangunan Jambi kedepan yang lebih baik dan maju,"terangnya.

Terpisah, H Cek Endra melantunkan ucapan terimakasih kasih kepada H Haris yang sudah bershilaturahmi ke Rumdis. Selain itu, sudah unggul pada pleno KPU Provinsi Jambi.

" Saya selaku kompetetor beliau ikhlas, bahwa ikhtiar dan perjuangan kita sudah optimal, tapi Allah SWT yang menentukan lain, saya ridho beliau sebagai pemenang. Kita tidak ada lagi tuntutan, walapun peluang itu masih ada. Saya sudah bilang kepada Timses,"tutur CE

Menurut H Cek Endra, shilaturahmi H Haris dinilai sangat luar biasa, apalagi menganggap ia sebagai orang dituakan. H Haris juga pernah tinggal di Rumdis Bupati Sarolangun, mungkin dengan hal tersebut sebagai pengikat untuk berkunjung kembali ke Rumdis.

"Kedepan kita mendukung Gubernur terpilih dan program-programnya yang tertuang dalam visi dan misi, baik itu saya sebagai ketua Parpol atau sebagai orang yang dituakan. Yang penting kemenangan ini untuk masyarakat Jambi,"ujarnya.

"Kepada Timses yang telah berjuang kami ucapkan terima kasih. yang sudah ya sudahlah, kita tidak ada lagi ungkit mengungkit. Mari kita bersatu untuk kemajuan Jambi,"tandasnya.

Perlu diketahui, adapun hasil rekapitulasi KPU Provinsi Jambi dalam mengesahkan suara di lima kabupaten kota yang melaksanakan PSU sebagai berikut:

-Kabupaten Muarojambi
Paslon Cek Endra-Ratu Munawaroh meraih 62.478 suara.
Paslon 02 Fachrori-Syafril 27.746 suara
Paslon 03 Haris-Sani meraih 65.008 suara.

-Kabupaten Kerinci
Paslon 01 Cek Endra-Ratu Munawaroh meraih 29.717 suara
Paslon 02 Fachrori-Syafril meraih 50.330 suara
Paslon 03 Haris-Sani meraih 26.909 suara.

-Kabupaten Batanghari
Paslon 01 Cek Endra-Ratu Munawaroh meraih 63.045 suara
Paslon 02 Fachrori-Syafril 30.555 suara
Paslon 03 Haris-Sani 58.249 suara.

-Kabupaten Tanjung Jabung Timur
Paslon 01 Cek Endra-Ratu Munawaroh meraih 53.401 suara
Paslon 02 Fachrori-Syafril meraih 24.862 suara dan
Paslon 03 Haris-Sani 45.660 suara

-Kota Sungaipenuh
Paslon 01 Cek Endra-Ratu Munawaroh meraih 11.280 suara
Paslon 02 Fachrori-Syafril: 35.957 suara
Paslon 03 Haris-Sani 6.862 suara


PENULIS: CHARLES R
EDITOR: ANSORY S