Perang Covid 19 Polda Jambi Gelar Rekayasa Sosial

Kamis, 22 Juli 2021 - 19:17:48


Rekayasa sosial
Rekayasa sosial /

RADARJAMBI,SAROLANGUN- Polda Jambi terus bekerja keras  memutus mata rantai penyebaran virus covid 19. 

Kerja keras yang terus dilakukan demi kesehatan masyarakat Jambi  diminta seluruh jajaran Polres dan Polresta Provinsi  Jambi melakukan berbagai cara untuk mencegah mewabahnya virus tersebut.

Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo mengatakan untuk di wilayah Kota Jambi melalui Polresta Jambi dilakukan rekayasa sosial yang bertujuan merubah perilaku masyarakat Jambi yang kerap beraktifitas keluar rumah hanya sekedar untuk membeli makanan atau transaksi lainnya  untuk sementara membatasi diri,tidak melakukan kerumunan.

"Jajaran kita melalui Polresta Jambi membantu memfasilitasi pembuatan banner ,dengan mencantumkan tempat dan nomor telepon yang bisa dihubungi pembeli. Bahkan secara langsung tertera tulisan aktifitas di tutup sementara selama PPKM," ujar Kapolda Jambi Irjen Pol A.Rachmad.

Alhasil dari rekayasa sosial ini jajaran Polresta yang kerap melakukan patroli dan pengawasan di lapangan dalam empat hari terakhir ini pengurangan kerumunan mencapai 90 persen.

Ditambahkan Kapolda rekayasa sosial ini dilakukan sementara di sepanjang pedestarian diantaranya jalan Soemantri, Pedestarian kawasan Tugu Keris sampai di Taman Remaja,serta kawasan Beringin.

" Masyarakat dihimbau untuk memesan makanan cukup melalui via telphone yang tertera di banner. Untuk mengurangi kerumunandan memutus mata rantai virus tidak menyebar agar memesan via WhatsApp atau telphone dan dibawa pulang," tutur Kapolda.

Dengan menggurangi mobilitas menimbulkan kerumunan diharapkan penyebaran virus dapat berkurang dan kesehatan tetap terjaga.

Dikatakan Kapolda meningkatnya penyebaran virus covid 19 beberapa bulan terakhir ini patut waspada dan hati hati, peran seluruh masyarakat untuk mematuhi prokes sangat diperlukan. (ciz)