Wakil Gubenur Hadiri Penyembelihan Hewan Kurban untuk Suku Anak Dalam

Kamis, 22 Juli 2021 - 13:41:49


Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani
Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani /

RADARJAMBI.CO.ID-Dalam rangka hari raya Idul Adha 1442 H, Wakil Gubernur Jambi Drs.H, Abdullah Sani M.Pd.I secara langsung menghadiri penyembelihan hewan kurban yang diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Sasaran utamanya adalah warga Suku Anak Dalam (SAD) di Kabupaten Muaro Jambi dan sekitarnya.

Kegiatan penyembelihan dan pembagian hewan kurban ini dipusatkan di Dusun Nebang Parah, Desa Nyogan, Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi pada Kamis (22/7). 

Hadir di kegiatan ini, Bupati Muaro Jambi, Hj. Masnah Busro. Kepala OPD Provinsi Jambi terkait, para pejabat lingkup Kabupaten Muaro Jambi, serta warga Suku Anak Dalam di lokasi setempat.

Hewan Kurban yang diberikan kepada SAD ini merupakan hewan kurban dari Daarut Tauhiid (DT) peduli yang memberikan 6 ekor sapi dan 72 kambing. 

Menurut Wagub, dalam pelaksanaan pembangunan, Pemerintah Provinsi Jambi berupaya melakukan pelayanan publik kepada seluruh masyarakat Provinsi Jambi, tanpa terkecuali, termasuk kepada Suku Anak Dalam (SAD), sebagai bagian dari masyarakat Provinsi Jambi, yang setara dengan semua suku lainnya yang ada di Provinsi Jambi. 

“Pemerintah Provinsi Jambi bekerja sama dan bersinergi dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Kabupaten dan semua pemangku kepentingan, terus berurusaha memberikan pelayanan kesehatan, pendidikan, kependudukan secara gratis kepada SAD sebagai masyarakat yang memiliki pola hidup nomaden (berpindah-pindah/tidak menetap) dan hidup berkelompok, " ujar Wagub. 

Karena itu, Wagub berharap agar SAD merespon berbagai program pemerintah sebagai wujud kepedulian dan perhatian pemerintah dan semua pemangku kepentingan kepada SAD, dengan kesadaran yang lebih baik lagi dari SAD akan pentingnya kesehatan, pendidikan, pertanian/bercocok tanam yang dikelola dengan baik, yang tentunya sangat bermanfaat bagi SAD tersebut, baik generasi yang ada sekarang, terutama bagi generasi yang akan datang.

"Berkaitan dengan Peringatan Idul Adha 1442 H, Komunitas Suku Anak Dalam Provinsi Jambi, Da’i Komunitas Adat Terpencil (KAT) Kabupaten Muaro Jambi, dan DT Peduli Jambi menggagas penyembelihan dan distribusi daging hewan kurban kepada 1.150 Kepala Keluarga (KK) SAD di Kabupaten Muaro Jambi.Tentunya hal ini sangat positif, merupakan suatu wujud perhatian dan kepedulian besar bagi SAD. Ada semangat kepedulian sosial dan berbagi kepada Saudara dan Saudari kita SAD sebagai Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Provinsi Jambi. Dan, kepedulian sosial ini merupakan salah satu makna dan semangat yang terkandung dalam Idul Adha, ” ungkap Wagub.

Selanjutnya, Wagub menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang memberi hati untuk peduli dan berbagi kepada SAD. Ia berharap penyembelihan dan distribusi daging hewan kurban ini ini bisa menambah sukacita dan semangat warga SAD.

“Saya berharap agar SAD lebih partisipatif dalam pembangunan, karena pembangunan akan berhasil manakala masyarakat dengan kerelaan hati bersedia berpartisipasi dalam pembangunan tersebut,’ ungkapnya.(tim kominfo)