Sekintang Dayo Dikunjungi Gubernur Jambi

Selasa, 27 Juli 2021 - 20:56:12


Gubernur Al Haris hadiri pada
Gubernur Al Haris hadiri pada "Lah Puar Jelupung Tumbuh" ke-9 Sanggar Sekintang Dayo di Taman Budaya Jambi. /

JAMBI.Sanggar Seni Sekintang Dayo Pimpinan Eri Argawan mendapat kehormatan Gubernur Jambi Al Haris.

Eri Argawan mengatakan, berterima kasih sekali pada Gubernur yang telah hadir. "Ini menjadi motivasi untuk terus berlatih" kata Eri Argawan.

Kehadiran Gubernur saat penutupan "Lah Puar Jelupung Tumbuh" tanggal 23-25 Juli 2021 yang diawali lomba tari kreasi dari kabupate/kota se-propinsi Jambi.

Dengan kondisi Covid-19 penonton dibatasi, tampak mendapinggi Gubernur, Plt. Kadis Budpar Sri Purnama Syam, Plt. Kadis Pendidikan, Kepala TVRI Jambi Syarifuddin dan Plt. Kepala Taman Budaya Jambi Holida

Pergelaran ini didukung 50 penari dan pemusik dipimpin Wawan Hasan.

Peserta festival yang sudah dimulai 23 Juli, diikuti 24 kelompok tari, berasal dari, Kota Kambi, Muara Jambi, Batanghari, Bungo dan kabupaten Tanjabtimur.

Lomba tari diawasi dewan juri Darwan Asri, Puji Lestari, Ssn
dan Nasyeer Baraqbah.

Eri Argawan sudah berkiprah dunia seni semenjak tahun 1986. Masa itu belum ada Taman Budaya Jambi (masih bidang kesenian Kanwil Depdibud Propinsi Jambi.

Masa Walikota Jambi Drs.H.Muhammad Sabki 1993-1998, Eri Argawan bersama teman seni mendirikan Sanggar Sekintang Dayo.

Sekintang Dayo pakum setelah wafatnya Muhammad Sabki. Eksistensi Eri Argawan sebagai pemusik Melayu tetap aktif di rumah dinas gubernur.

PNS di Kota Jambi sebagai Satpol PP ,pindah ke Taman Budaya Jambi. Mulailah Eri Argawan membangun kembali Sanggar Sekintang Dayo yang sekarang sudah memiliki murid ratusan orang dari tingkat SD hingga Mahasiswa.(Saw)