Rulam ke Pelito Mudo

Minggu, 05 September 2021 - 21:38:12


/
JAMBI.Rumah Kreatif Merangin (Rukam) anjang sana ke Sanggar Pelito Mudo Sabtu (4/9). 
 
Dipimpin Alhendra (pimpinan Rukam) bersama pengurus lainnya dan pelukis muda menyatakan keprihatina atas musibah kebakaran yang dialami Sanggar Pelito Mudo pada 27 Agustus lalu.
 
Sebelumnya juga sudah berkunjung Hj.Hesnidar Al Haris (Ketua TP.PKK propinsi Jambi) dan Hj.Nurhaida Mashuri (Ketua TP.PKK Merangin) 
 
"Kegiatan ini bentuk solidaritas sesama pelaku seni yang ada di Merangin, Rumah  mencoba membuka donasi kepada para pelaku seni dan para anak didik Rumah" kata Alhendra.
 
Banyak  merespon positif mungkin yang kami beri tidak seberapa yang penting kedatangan kami  memberikan semangat kepada ibu Ira dan Anggita Pelito Mudo agar bisa bangkit dan sanggar bisa kembali aktif. 
 
Kami  sangat terbantu dengan kegiatan ini dan berterima kasih kepada kawan-kawan seniman dan sanggar seni Rumah Kreativ Merangin sudah membantu kami terutama doa dan semang kepada kami.
 
"Cuma doa yang kami balas kepada teman-teman semua semoga dibalas kebaikan" kata Ira Pimpinan Pelito Mudo.
 
 Sanggar Tari/Musik "Pelito Mudo" berdiri sejak tahun 2009 di Ketuai Ira Irmawati, S.Sn, Sekretaris Tia Charly Zalfa Azmi dan  
Bendahara   Febra Muyu Sari, S.Sn
 
Pelito Mudo aktif bergerak dibidang seni tari dan musik, baik kreasi maupun tradisi. Aktif mendukung kegiatan kesenian yang ada di kabupaten Merangin, baik dengan pemerintah maupun swasta.
 
Sanggar Tari Pelito Mudo sering mewakili tim kesenian kabupaten Merangin dalam event tingkat provinsi, nasional bahkan internasional dan sering mendapat prestasi yang memuaskan, antara lain Mengikuti Pekan Budaya Merangin  2008 di Kabupaten Merangin.
 
Mengikuti Pekan Budaya Merangin,  Mengikuti Pekan Pesona Budaya Jambi  2009.
 
Mengikuti Pekan Pesona Budaya Jambi 2010,  Mengikuti Pawai Budaya Daerah dalam rangka HUT Jambi 2012.
 
Mendapat predikat penata rias dan kostum terbaik pada Pekan Pesona Budaya Jambi tahun 2013.Menjadi tim kesenian Merangin dalam kegiatan Bulan Promosi di Anjungan Jambi TMII Jakarta, tahun 2014 Juara 1 Festival Batang Hari, Lomba Tari Kreasi tahun 2015.
 
Penyaji Unggulan Parade Tari Nusantara tahun 2016 di TMII Jakarta
Mengikuti Festival Tari Anak Nasional 2016 di TMII Jakarta
 
Pengisi acara “APKASI OTONOMI EXPO” di Jakarta Convention Center mewakili Merangin tahun 2017. 
 
Mendapat predikat 5 Penyaji Unggulan “PARADE MUSIK DAERAH” mewakili provinsi Jambi di TMII Jakarta tahun 2017. 
 
Juara 1 (penyaji terbaik) lomba tari kreasi daerah se-Provinsi Jambi mewakili Kabupaten Merangin pada “FESTIVAL BATANG HARI” tahun 2018.
 
Juara 1 (penyaji terbaik) lomba Cipta Lagu Daerah se-Provinsi Jambi, mewakili Kabupaten Merangin pada kegiatan “FESTIVAL BATANG HARI” tahun 2018.
 
Mendapat predikat 5 Pemusik Terpilih dalam kegiatan KONSER KARAWITAN ANAK INDONESIA (KKAI) mewakili Provinsi Jambi di Taman Ismail Marzuki, Jakarta tahun 2018.
 
Mengikuti Temu Taman Budaya Se- Sumatera ( mewakili Taman Budaya Jambi) di Padang tahun 2018
 
Predikat 5 Pemusik Terpilih dalam kegiatan KONSER KARAWITAN ANAK INDONESIA (KKAI) mewakili Provinsi Jambi di Gedung Kesenian Jakarta, Jakarta tahun 2019.
Mendapat predikat 13 Penyaji Unggulan “PARADE TARI NUSANTARA” mewakili provinsi Jambi di TMII Jakarta tahun 2019. 
 
Mendapat predikat Penyaji Unggulan “PARADE LAGU DAERAH” mewakili provinsi Jambi di TMII Jakarta tahun 2019.
 
Pengisi acara kegiatan Serasehan Kebangsaan dalam rangka pemberian penghargaan
 
“Satya Bhakti Budaya” oleh Lembaga Kebudayaan Nasional Indonesia ( LKNI ) kepada Bupati Merangin di Yogyakarta tahun 2019.
 
Pengisi Acara Pada kegiatan Asia Pasific Geopark Network ( APGN ) di Lombok tahun 2019 Menjadi Tim Kesenian Merangin pada kegiatan promosi kebudayaan
“Melayu Day” @Yala-7 di Thailand, Februari tahun 2020. Juara 2 pada kegiatan “Festival Musik Tradisi” yang di adakan oleh Taman Budaya Jambi, tahun 2020.
 
Juara 3 pada kegiatan Lomba Tari Kreasi yang diadakan oleh Museum Siginjai Jambi secara virtual, tahun 2020.(Saw)