Pertahankan WTP 5 Kali Berturut, Pemkot Terima Penghargaan dari Kemenkeu

Rabu, 15 September 2021 - 10:21:46


Walikota Jambi Sy Fasha
Walikota Jambi Sy Fasha /

radarjambi.co.id.KOTAJAMB-Kemenkeu RI memberikan penghargaan kepada Pemkot Jambi atas capaian mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan yang berturut-turut sebanyak lima kali.

Penghargaan yang diberikan secara virtual tersebut diterima langsung Walikota Jambi, Syarif Fasha didampingi Sekda Budidaya, secara simbolis dalam Rakornas Akuntasi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2021, kemarin (14/9).

“Alhamdulillah syukur karena pada hari ini Kementerian Keuangan memberikan penghargaan atas capaian WTP lima kali berturut-turut,'' kata Fasha.

Dalam kaitan ini, lanjut Fasha, opini WTP dikeluarkan oleh BPK selaku auditor, sedangkan Menteri Keuangan mempunyai tugas menyusun konsolidasi laporan keuangan pemerintah pusat dan daerah.

Semakin banyak institusi atau daerah yang memperoleh predikat WTP maka laporan keuangan pusat dan daerah dinilai semakin akuntable.

Apresiasi ini disebutkan Fasha juga tidak terlepas dari peran seluruh OPD di lingkungan Pemkot Jambi.

Dengan apresiasi ini, Fasha berharap untuk tidak berpuas diri, karena tentu juga tantangan ke depan berbeda termasuk pengelolaan keuangannya.

“Dengan adanya penghargaan ini, membuktikan bahwa Pemkot Jambi mampu mengelola manajemen keuangan negara menurut standar dan persyaratan yang diatur sesuai regulasi dan perundang-undang yang berlaku,” katanya.

Terkait apresiasi ini pula, saat ini Fasha masih menunggu kelanjutan dari apresiasi yang diberikan ini. “Biasanya memberikan semacam insentif atas prestasi yang diberikan. Apakah nanti ada bantuan dana DID dan lain sebagainya,” sebutnya.

Sementara, Menkeu Sri Mulyani mengungkapkan, jumlah kementerian/ lembaga yang meraih WTP Tahun 2019 bertambah dari yang sebelumnya 81 kementerian/lembaga, sekarang bertambah menjadi 84. Dia mengakui penambahan ini merupakan pencapaian yang sangat luar biasa.

“Saya harap capaian WTP ini terus dipertahankan dan ditingkatkan, karena hal ini merupakan indikator semakin meningkatnya tata kelola di semua kementerian/lembaga, tidak hanya dalam mengelola keuangan negara namun dalam mengelola fungsi dan tangggung jawab pemerintahan,” jelasnya.

Sri Mulyani juga meminta kementerian/lembaga yang hanya memperoleh Wajar Dengan Pengecualin (WDP) untuk terus meningkatkan kinerjanya dalam pengelolaan keuangan pada masa yang akan datang.

“Khusus kepada kementerian/lembaga yang belum mendapatkan WTP agar terus melakukan langkah yang efektif dan bisa terukur dalam menyelesaikan temuan dan menindaklanjuti rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) secara bersungguh-sungguh dan komfrehensif sehingga dapat mendapatkan predikat WTP tahun berikutnya," pungkasnya. (ria/akd)­