4 Ipal JPM Trona di Buang ke Selokan, Dewan akan Koordinasi Dengan Dinas LH

Jumat, 24 September 2021 - 21:23:28


Komisi III DPRD Kota Jambi melakukan sidak ke JPM Trona yang diduga sebabkan banjir
Komisi III DPRD Kota Jambi melakukan sidak ke JPM Trona yang diduga sebabkan banjir /

Radarjambi.co.id-KOTA JAMBI-Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jambi sidak di salah satu Mall terbesar di Kota Jambi yakni Jambi Prima Mall yang dikenal Trona Mall, Jum’at (24/09).

Sidak yang dilakukan guna menindak lanjuti adanya pengaduan masyarakat bahwa saat hujan pihak mall seakan membuang Instalasi Pengolahan Ari Limbah (IPAL) di Drainase Kota sehingga menyebabkan banjir atau genangan air yang mengenai rumah warga.

Umar Faruq selaku ketua Komisi III DPRD Kota Jambi mengatakan bahwa pihaknya telah memanggil penanggung jawab IPAL yang ada di Trona Mall, untuk mengecek dan meminta keterangan secara langsung dari petugas tersebut.

“Hasil dari pengolahan limbah yang terdapat 4 IPAL di hasil akhirnya memang di salurkan ke saluran drainase yang saat ini sedang dibangun,” jelasnya.

Pihaknya juga akan memanggil dinas terkait yakni DLH karena menurut pihak mall, dinas terkait setiap tanggal 8 mengadakan uji lab tentang IPAL.

“Kita akan pertanyakan ke dinas terkait, apakah boleh pembuangan akhir itu melalui drainase kota,” ucapnya.

Mengenai pembuangan yang lain diketahui sudah memenuhi standar yang mana dari IPAL sudah mengalami 4 proses yang dilalui dan dilihat memang jernih dan tidak mengandung bahan yang berbahaya.

Yasir, anggota Komisi III DPRD Kota Jambi menambahkan bahwa pembuangan limbah di salah satu mal ini sudah cukup baik dan tidak ada unsur yang berbahaya.

“Kami juga cek keatas melihat semua berproses yang teratur, mulai dari penyaringan dan pembuangan akhir,” ujarnya.

Andi selaku Supervisor Jambi Prima Mall mengucapkan terima kasih atas kunjungan Komisi III DPRD Kota Jambi yang langsung mengecek IPAL atas pengaduan masyarakat.

“Dalam hal ini kita senang karena adanya keluhan dalam pengawasan dari DPRD Kota Jambi dan melihat langsung tanpa ada yang di tutupi,” ungkapnya.

Dugaan limbah yang dibuang di drainase Kota, dirinya mengatakan tidak mengetahui hal tersebut, karena baginya yang di sepanjang Jalan Sudirman, dari atas juga memiliki tempat usaha.

“Yang jelas, berkat pengawasan yang melekat dari DLH Kota Jambi dan DPRD Kota Jambi berusaha menjaga ini semua karena ini demi kebaikan Kota Jambi bersama,” pungkasnya. (ria/akd)