Dua Ribu Dosis Vaksin Expired

Selasa, 04 Januari 2022 - 19:27:50


/

Radarjambi.co.id-KOTA JAMBI-Dalam waktu dekat, pejabat di lingkungan Pemkot Jambi, baik Aperatur Sipin Negara (ASN) maupun non ASN akan diberikan vaksin booster atau vaksin ketiga. Ini menyusul instruksi Walikota Jambi, Syarif Fasha, Senin (3/1).

Kata dia, booster ini akan diberikan juga lantaran mengingat, vaksin moderna yang diterima Dinkes Kota Jambi, dalam waktu dekat akan masuk masa expired atau kedaluarsa.

“Ada yang akan habis pertengahan Januari ini. Saya instruksikan Dinkes, apabila yang tersisa ini (segera expired,red) bisa digunakan, maka gunakan untuk booster ASN dan non ASN,” sebut Fasha.

Sementara itu, Kadinkes Kota Jambi, Ida Yuliati mengatakan, memang saat ini ada sekitar 2.000an dosis vaksin yang akan masuk masa expired. Ditanya apakah vaksin yang tersisa itu bisa digunakan ke ASN, dirinya menjawab bisa.

“Dari pada kedaluwarsa, maka perintah pak wali diberikan ke ASN. Nanti akan kita hitung lagi jumlah vaksinnya. Kalau lebih, akan diberikan ke pejabat lainnya,” terangnya.

Nantinya, sejumlah kepala OPD, pejabat eselon III, lurah, camat dan ketua RT akan menerima vaksin booster ini.

Sementara itu, disinggung mengenai alasan banyaknya vaksin yang akan masuk masa kedaluawarsa, Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Kota Jambi, dr Rini mengatakan, karena vaksin yang masuk ke Kota Jambi berlebih.

“Kita kan vaksin dosis pertama itu sudah 100 persen. Namun vaksin yang datang ke Jambi lebih banyak, sehingga ada sisa,” singkatnya.

Perlu diketahui, sejumlah hal disampaikan Walikota Jambi, Syarif Fasha saat menjadi pembina apel disiplin pegawai Senin (3/1) pagi di lapangan dalam kantor Walikota Jambi.

Seperti di antaranya mengenai capaian vaksin di Kota Jambi, yang telah berada di atas 70 persen. Kini pihaknya masih menggenjot capaian vaksin usia 6-11 tahun.

Di samping itu, Syarif Fasha meminta Dinkes Kota Jambi dapat memperhatikan, informasi mengenai vaksin yang kadaluarsa, agar vaksin yang masih ada tidak perlu lagi menunggu sasaran vaksin.

"Dinkes, kami mendengar baca berita banyak vaksin yang kadaluarsa. Kalau bisa, vaksin yang tersisa untuk dosis ketiga sebagai booster. Arahkan ke ASN dan non ASN di lingkungan Pemkot Jambi, termasuk ketua RT agar divaksin ketiga," pintanya. (ria/akd)