Pemprov Jambi Imbau Warga Waspada Omicron

Rabu, 12 Januari 2022 - 13:57:31


Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman.
Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman. /

RADARJAMBI.CO.ID-Pemerintah Provinsi Jambi menghimbau masyarakat terus disiplin menerapkan protokol kesehatan dan waspada terhadap COVID-19 varian Omicron mengingat kian meningkatnya warga negara Indonesia yang terpapar Omicron. 

"Meski tidak ada kasus Omicron di Jambi masyarakat harus tetap taat protokol kesehatan dengan memakai masker, menghindari kerumunan dan menerapkan pola hidup sehat," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman.

Sudirman mengatakan di Provinsi Jambi hingga saat ini tidak terdeteksi warga yang terpapar Omicron. Namun Pemerintah Provinsi Jambi perlu perlu mewaspadai COVID-19 varian Omicron. Pasalnya varian COVID-19 terus bertambah di Indonesia. 

Dan belum ada informasi terkait lonjakan kedatangan masyarakat dari luar negeri atau luar daerah ke Provinsi Jambi. 

Selain itu pintu masuk ke Provinsi Jambi seperti bandara dan pelabuhan tetap dilakukan pengetatan sesuai dengan aturan yang berlaku. Jika terdeteksi warga yang positif COVID-19 maka langsung di karantina. 

"Di Jambi belum ada Omicron, kalau bisa jangan sampai ada, yang terpenting saat ini melakukan percepatan vaksinasi, kemudian tracking dan tracking terus dilakukan," kata Sudirman. 

Epidemiolog Universitas Jambi Ummi Kalsum mengatakan yang paling penting untuk mencegah Omicron adalah pengawasan dari pintu masuk perjalanan internasional serta tetap konsisten menjaga protokol kesehatan di tengah masyarakat.

"Yang tak boleh terlepas adalah protokol kesehatan di masyarakat, karena dari analisis kita yang alami peningkatan Omicron karena tak ketat protokol kesehatan-nya," kata Ummi Kalsum. 

Kemudian Ummi Kalsum menekankan untuk terus meningkatkan capaian vaksinasi dan dilakukan secara merata di tengah-tengah masyarakat. 

Sementara itu Komandan Kodim 0420 Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis dalam rapat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Merangin Provinsi Jambi mengatakan terdapat tujuh orang warga Kabupaten Merangin sempat menjalani karantina di Jakarta, untuk pencegahan Omicron. Ketujuh warga Merangin itu baru pulang dari  Turki. 

Letkol Inf Tomi menghimbau agar masyarakat terus meningkatkan kewaspadaan. Dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, terutama waspada terhadap ke luar dan masuknya warga  Kabupaten Merangin. Mengingat sebagian besar warga yang terpapar Omicron merupakan warga yang melakukan perjalanan, khususnya ke luar negeri.(HAR)