Zarika Cakades Desa Sakean

Rabu, 16 Februari 2022 - 21:58:35


Zarika
Zarika /

radarjambi.co.id-MUAROJAMBI-Beberap bulan lagi Kabupaten Muarojambi akan melaksanakan pemilihan kades (Pilkades) serentak, salah satunya Desa Sakean, Kecamatan Kumpeh Ulu.

Salah seorang kandidat yang mengatakan ikut bertarung dalam pemilihan Kades Sakean adalah Zarika.

Zarika tidak asing lagi bagi warga desa Sakean, sebab pria yang akrab di panggil Rika ini merupakan anggota BPD Sakean.

''Tujuan saya maju dalam Pilkades Sakean ini untuk membuat desa sakean ini setara dengan desa lain di Muarojambi,'' tutur Zarika ditemui di rumahnya (16/02).

Selain itu, Zarika ingin memberikan informasi yang transparan kepada warga masyarakat terutama mengenai pengelolaan dana desa.

''Dalam pengelolan dana desa itu ada hal yang harus diketahui warga dan ada hal yang tidak harus diketahui warga. Saya akan memberitahu warga jika ada yang wajib diketahui warga, '' sebut Rika.

Menurut Rika, desa Sakean memiliki sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan untuk warga sekitar.

''Desa lain ada lubuk larangan. Sebenarnya di desa sakean ini banyak kanal dan lubuk yang bisa digunakan untuk dijadikan lubuk larangan. Jika kanal dan kolamnya dangkal bisa kita dalami lagi, dengan cara mengajukan permohonan pada dinas terkait,'' sebut Rika.

Lebih lanjut Zarika menjelaskan, lembaga adat merupakan terasuk sumber daya manusia. Dan Rika berkinginan agar lembaga adat di Sakean bisa berfungsi sesuai dengan adat istiadat yang sudah ada.

''Hendaknya lembaga ada yang ada bekerja sesuai dengan atauran adat. Agar lembaga ada initetap bertahan dan terus ada untuk anak cucu kita kedepan,'' ujarnya.

Untuk lapangan pekerjaan bagi warga desa, jika terpilih Rika akan melakukan kerjasama dengan perusahan untuk merekrut warga Sakean sebagai pekerjannya.

''Saya akan mengusulkan agar perusahan di sakean ini mengutamakan warga desa sebagai pekerjanya yang sesuai dengan keahlian masing-masing ynag dimiliki,'' timpalnya. (akd)