Syarif Fasha Lakukan Penandatanganan MoU Pencanangan Gerakan Batanghari Bersih

Kamis, 10 Maret 2022 - 09:48:53


/

radarjambi.co.id-KOTA JAMBI-Walikota Jambi Syarif Fasha menghadiri pencanangan gerakan Batanghari Bersih, di depan rumah dinas Gubernur Jambi, Rabu (09/03) pagi.

Walikota Jambi Fasha ikut menandatangani MoU komitmen gerakan Batanghari Bersih yang diikuti seluruh kepala daerah se- Provinsi Jambi.

Dalam sambutannya, Kadis LH Provinsi Jambi, Hj. Sri Argunaini mengatakan gerakan ini untuk meningkatkan indeks kualitas air Sungai Batanghari. "Hari ini indeks kualitas air Sungai Batanghari berada di tingkat 48,98 persen pada pengecekan tahun 2021," katanya.

Sementara itu Direktur Pengendalian Pencemaran Air Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dra. CH. Nety Widayati, MT, menyebutkan beberapa titik pengecekan yang dilakukan hasilnya hampir semuanya menunjukkan air dalam kondisi mutu cemar ringan.

Mulai sekarang mari kita ubah perilaku terhadap air Sungai Batanghari agar kualitasnya menjadi lebih baik dan bisa dimanfaatkan oleh orang banyak," ajaknya.

Sementara itu Gubernur Jambi H. Al Haris, mengatakan Sungai Batanghari memiliki histori luar biasa bagi masyarakat Jambi. Sejak abad 7 lalu sungai ini sudah menjadi peradaban, jalur perdagangan, pertahanan, sejarah dan lain sebagainya.

Panjang Sungai Batanghari mencapai 870 km. Dan 76 persennya melintasi wilayah Povinsi Jambi, selebihnya melintasi provinsi Sumbar dan Riau.

"Saya dan kita semua yang ada disini minum air sungai Batanghari. PDAM itu menggunakan air sungai Batanghari dan anak sungai yang juga mengalir ke Batanghari," terangnya.

Maka dari itu kondisi tercemar ini tidak bisa dibiarkan. "Kita harus ambil langkah dari sekarang. Sungai Batanghari harus kita selamatkan," tandasnya.

Sebab jika terlambat bertindak anak cucu kita yang terdampak. Mereka akan tahu bahwa pendahulunya membiarkan sungainya tercemar.

Tercemarnya Sungai Batanghari diketahui berasal dari anak-anak sungai di sejumlah daerah yang mengalir ke sungai terpanjang ini.

Dikatakan Walikota Jambi Fasha, " ia berharap kegiatan ini tidak hanya seremonial belaka namun kita semua harus memperhatikan dan terjun langsung membersihkan sungai kita ini," ujar Fasha. (ria/akd)