Pemkab Muarojambi Salurkan Bantuan Bibit Unggul

Selasa, 29 Maret 2022 - 19:45:28


/

radarjambi.co.id-MUAROJAMBI-Ribuan hektare sawah di Kabupaten Muaro Jambi memasuki musim tanam. Saat ini petani-petani tengah membersihkan lahan mereka. Rencana April nanti mereka sudah mulai melakukan penanaman.

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Muarojambi Hj. Masnah Busro SE yang menyebut jika masa tanam petani di Muaro Jambi pada umumnya dilakukan setahun sekali, yaitu April.

Untuk membantu meringankan petani, pemerintah baik kabupaten maupun pusat bakal membantu petani dengan mengadakan bibit super dan berkualitas.

"Dari APBN untuk kebutuhan 1.750 hektar lahan sawah sekitar 43 ton. Sementara dari APBD sebanyak 60 ton untuk kebutuhan 2.337 hektar lahan,"ujar Bupati.

Dia berharap, bantuan tersebut bisa mendorong percepatan penanaman padi di Muaro Jambi. Bantuan benih akan mulai didistribusikan pada April mendatang. 

"Sesuai musim tanam. Produktivitas pertanian juga diharap bisa meningkat," katanya lagi.

Bantuan benih ini akan diberikan sebanyak 25 Kg per hektarnya. Dan diharapkan bisa meringankan beban petani. Sehingga petani dapat kembali produktif menanam padi. 

"Pengajuannya untuk APBN itu dari provinsi, kita hanya lokasi saja terima barang," bebernya. 

"Untuk petani yang menerima bantuan dari pusat, tidak akan bisa dapat lagi untuk bantuan daerah. Begitu juga sebaliknya," sambungnya. (akd)