FCMJ Masuk Even Nasional

Rabu, 02 Maret 2022 - 21:00:12


/

Radarjambi.co.id-MUAROJAMBI-Festival Candi Muaro Jambi terpilih dalam kategori Kharisma Event Nasional (KEN) 2022. Hal ini disampaikan oleh Riduan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Muarojambi. 

Dikatakannya, Kharisma Even Nasional (KEN) 2022 ini adalah wadah kumpulan event-event berkualitas dari seluruh Indonesia. Pada tahun 2022 ini, Kemenparekraf menerima 319 usulan event dari 34 provinsi.

 

Untuk di Provinsi Jambi, ada dua event tahunan yang masuk dalam KEN. Festival Candi Muaro Jambi dan Festival Kerinci.

 

"Alhamdulillah festival Candi Muaro Jambi tembus KEN yang merupakan level nasional," kata Riduwan, Rabu (2/3) lalu.

Lanjutnya, penilaian KEN ini, sudah dilakukan pada awal Desember 2021 lalu dan baru diumumkan kemarin oleh Menteri Parekraf Sandiaga Uno.

 

Dijelaskannya, ada lima aspek utama dalam pemilihan KEN (Kharisma Even Nasional) 2022, pertama adalah aspek ide dan potensi inovasi, kedua aspek pengembangan ekonomi kreatif, ketiga aspek event management, keempat aspek seni pertunjukan dan budaya dan kelima aspek strategi komunikasi dan media.

Dengan diperolehnya KEN ini, dia berharap agenda tahunan ini bisa mendunia. Hal itu sesuai dengan tema festival Candi Muaro Jambi pada Juni mendatang, yaitu kolaborasi menuju pariwisata dunia.

"Candi Muaro Jambi bisa mendunia. Mudah-mudahan bisa terwujud," tandasnya. (akd)