Keluhkan Kinerja Prokopim dan Diskominfo, Bupati Tanjabbar Terkesan Tidak Tau Tupoksi OPD

Kamis, 12 Mei 2022 - 13:50:31


/

Radarjambi.co.id-TANJABBAR - Bupati Tanjungjabung Barat, Drs H Anwar Sadat Terkesan tidak memahami atau tidak tau tupoksi Organisasi Perangkat Daerahnya.

Pasalnya Bupati Tanjab Barat dihadapan forum pertemuan, Rabu (11/5) kemarin menyebutkan dirinya terlebih dahulu mendapat informasi dari masyarakat dibandingkan bagian Humas dan Prokopim, Diskominfo serta Sekretaris Daerah (Sekda).

Sementara untuk diketahui, Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Asisten Administrasi Umum dalam penyiapan pelaksanaan kebijakan, pengoordinasian pelaksanaan tugas Perangkat Daerah, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan Daerah di bidang protokol, komunikasi pimpinan, dan dokumentasi.

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan mempunyai fungsi penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan di bidang protokol, komunikasi pimpinan, dan dokumentasi.

Penyiapan bahan pengoordinasian pelaksanaan tugas Perangkat Daerah di bidang protokol, komunikasi pimpinan, dan dokumentasi.

Penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan Daerah terkait protokol, komunikasi pimpinan, dan dokumentasi, dan

Pelaksaaan fungsi lain yang diberikan oleh Asisten Administrasi Umum yang berkaitan dengan tugasnya.

Dari tupoksi Prokopim tersebut dapat disimpulkan jika Keluhan Bupati salah sasaran mengingat Kabupaten Tanjab Barat saat ini tidak ada lagi Bagian hubungan Masyarakat (Humas) seperti apa yang di maksud boleh Bupati.

Selain Bagian Humas, Bupati juga menegaskan harusnya Sekda dan Kominfo lebih peka dan menyampaikan informasi keluhan masyarakat kepada dirinya.

"Harusnya lebih cepat menerima informasi dan punya problem solving dalam menghadapi persoalan, ini perlu perhatian serius,” ungkap Bupati dalam sambutannya saat melantik enam pejabat eselon II Kabupaten Tanjabbar di Gedung Pola Kantor Bupati, Rabu (11/5).

Terkait Pernyataan Bupati Pada Acara tersebut sangat menyinggung persaan pegawai di Ptokopim yang sudah bekerja semaksimal mungkin sesuai tupoksi.

Sehingga usai acara Halal bihalal TP PKK Tanjabbar Kamis (12/5), Bupati meng klarifikasi kan jika dirinya bertujuan untuk memotivasi.

"Sebenarnya tidak secara langsung, tapi memberikan motivasi kepada Humas, Kominfo dan semuanya untuk bersikap respon," ujar Bupati.

Dijelaskannya, bukan berarti manjastis suatu organisasi, cuma lebih ingin meningkatkan kinerja, "Bahwa humas, diskominfo dan sebagainya betul-betul menjadi leaning sektor informasi ditengah masyarakat," jelasnya.

Disinggung bukankah saat ini, Pemkab Tanjab Barat tidak ada Bagian Humas lagi disebutkan Bupati, jika itu yang di maksud akan menjadi evaluasi.

"Itu juga menjadi evaluasi kita kedepannya. Intinya kami memberikan motivasi untuk semua bersinergi, memberikan masukan dan sebagainya, supaya Bupati dapat dengan mudah memberikan solusinya, itu harapan kami," pungkas Bupati didamping Keua TPbPKJ Tanjabbar dan Sekda. (ken/akd)