Sebanyak 1.326 Jemaah Calon Haji Provinsi Jambi Tahun 2022 akan Berangkat

Kamis, 02 Juni 2022 - 21:42:44


Muhamad Bafadhal
Muhamad Bafadhal /

RADARJAMBI.CO.ID- Sebanyak 1.326 jamaah calon haji provinsi Jambi akan berangkat pada musim haji tahun 2022.Analis Kebijakan Ahli Muda Bidang Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, Muhamad Bafadhal, mengatakan jamaah calon haji provinsi Jambi terbagi tiga kelompok terbang (kloter) yakni kloter BTH 10,11, dan 12.

"Untuk kloter BTH 10 kita akan masuk asrama tanggal 24, tanggal 25 berangkat ke Batam lanjut ke Arab Saudi," jelasnya.

Berbagai persiapan juga telah dilakukan pihak Kemenag Provinsi Jambi di antaranya bimbingan manasik haji. Bimbingan manasik haji sebanyak empat kali di kecamatan dan dua kali di kabupaten/kota sehingga total enam kali jamaah calon haji asal Jambi mendapat bimbingan manasik haji.

"Kita juga sedang dalam proses penyelesaian dokumen mulai dari verifikasi dokumen, sertifikat vaksin, pemeriksaan visa ke Kedutaan Arab Saudi secara elektronik," sebut Bafadhal.

Selain bimbingan manasik haji para jamaah haji juga menjalankan tes kebugaran, pelaksanaan vaksin booster termasuk vaksin meningitis. Sekitar 95 persen jamaah calon haji yang telah menjalankan tes dan vaksin.

"Selain itu juga dalam bimbingan manasik kita menghadirkan pakar-pakar di bidang kesehatan mulai dari dokter juga dinas kesehatan, terakhir nanti jamaah juga akan mengikuti PCR test sebelum keberangkatan ke Arab Saudi yang dilakukan di kabupaten/kota," jelasnya.

Pihak Kemenag. Provinsi Jambi sangat serius dan teliti dalam mempersiapkan keberangkatan jamaah calon haji. Mitigasi dan antisipasi bahkan dilakukan untuk hal terkecil.

"Karena kita ketahui dua tahun kita tidak berangkat, orang sudah menunggu lama tentu akan sangat disayangkan kalo gagal hanya gara-gara hal-hal yang seharusnya bisa kita mitigasi sejak awal," jelannya.

Pihaknya berharap jamaah calon haji Provinsi Jambi dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Bafadhal juga berpesan agar jamaah mengurangi aktivitas diluar rumah dan konsumsi makanan yang bergizi.

"Mulai dari sekarang menjaga kondisi kesehatan mengurangi aktifitas diluar rumah kecuali hal hal seperti bimbingan manasik atau pemeriksaan kesehatan, mengurangi kegitan-kegiatan yang berinteraksi dengan orang lain, juga makan makanan yg bergizi berolahraga secara teratur untuk menjaga kondisi dan kebugaran fisiknya dengan harapan, ketika berangkat semua jamaah haji asal Indonesia, Provinsi Jambi khususnya, dalam keadaan sehat dan dapat melaksanakan ibadah haji dengan sebaik-baiknya dan pulang dalam keadaan haji yang mabrur," tutupnya. (*)