Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Audio Streaming

Minggu, 03 Juli 2022 - 21:15:45


 Fawnia Giri Attaya
Fawnia Giri Attaya /

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan oleh seluruh penduduk di dunia untuk berkomunikasi, salah satunya adalah negara Indonesia.

Pada zaman ini, banyak kita temui para remaja Indonesia yang sangat mahir dalam menggunakan bahasa Inggris.

Tak hanya remaja, bahkan usia belia seperti anak-anak yang berumur 3 sampai 4 tahun-pun saat ini sudah mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

Anak-anak tersebut mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris dikarenakan Bahasa Inggris merupakan pelajaran pokok bagi setiap sekolah. Melalui pembelajaran bahasa Inggris, mereka diharapkan mampu berkontribusi dalam ranah internasional maupun nasional.

Hasil pembelajaran tersebut tentunya dapat menjadi sebuah prestasi, baik bagi negara, sekolah, maupun dirinya sendiri.

Setiap sekolah tentunya memiliki metode masing-masing dalam pembelajaran bahasa Inggris. Beberapa guru mungkin menggunakan metode menghafal, latihan soal, ataupun membaca.

Namun, terkadang terdapat murid yang merasa kesulitan dalam melakukan metode-metode pembelajaran tersebut, sehingga mereka cenderung memilih untuk belajar secara mandiri.

Para individu tersebut tentunya memiliki cara masing-masing dalam belajar bahasa Inggris. Seperti kebanyakan anak pada umumnya yang meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka, baik melalui mobile game, video maupun lagu.

Metode-metode tersebut dapat diakses melalui audio streaming seperti Youtube, Spotify, Joox, dan sebagainya. Aplikasi- aplikasi tersebut menampung banyak sekali bahan pembelajaran bagi setiap murid.

Youtube menyediakan banyak sekali video yang dapat kita tonton sebagai bahan pembelajaran. Bahkan kini Youtube juga menyediakan Youtube Music sebagai sarana bagi orang yang hanya ingin mendengarkan audionya.

Lalu Spotify, Joox dan aplikasi-aplikasi yang menyediakan sarana untuk mendengarkan lagu juga sudah memfasilitasi murid agar mereka tak hanya mendengarkan lagu saja tapi mereka juga bisa melihat lirik dari lagu tersebut.

Terdapat beberapa channel penyanyi yang bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran bagi murid, di antaranya channel milik Shawn Mendes, Taylor Swift, Adele dan masih banyak lagi.

Anak-anak akan merasa nyaman dan berkembang saat mereka menemukan metode belajar yang sesuai dengan diri mereka sendiri.

Bahkan hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan pada anak. Sebagai tenaga pendidik seharusnya kita menghindari metode yang cenderung memaksa anak untuk belajar, agar mereka secara naluri dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam berbahasa Inggris. (*)

Penulis : Fawnia Giri Attaya, Mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta