Gubenur Minta PTPN Bangun Pabrik Migor

Kamis, 28 Juli 2022 - 10:42:15


/

Radarjambi.co.id-JAMBI- Gubenur Jambi DR Al Haris SSos meminta PTPN VI membangun pabrik minyak goreng (Migor) dan menambah lagi Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di provinsi Jambi.

 Permintaan Gubenur ini, diungkapkan saat acara Memorandum Of Understanding  (MOU) pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) antara Pemprov dan PTPN VI di ruang sawit gedung PTPN VI, Rabu (37/7/22).

 Gubenur menjelaskan, melihat luasnya kebun-kebun sawit di Jambi sangat harus diimbangi banyaknya PKS di areal tertentu hingga petani sawit tidak jauh membawa kelapa sawit ke PKS.

 ""Saat ini di Jambi hanya ada 80 PKS. Kita butuh 101 PKS. PTPN bisa bangun lagi PKS, saya dukung saya fasilitasi. Kita butuh 21 PKS lagi, diareal tertentu yang dekat dengan lokasi kebun sawit,"" paparnya.

 Berkaca pada kelangkaan minyak goreng (migor), kata Gubenur ternyata pabrik migor di provinsi Jambi hanya ada dua. "Satu pabrik KT satu Wilmar, Wilmar inipun pusatnya di Sumsel,"" ungkap Gubenur.

 Provinsi Jambi, ungkap Gubenur butuh puluhan ribu ton Migor setiap Minggu dan itu tak terpenuhi hingga harus disuplai dari Sumsel, Medan dan Lampunya.

 Menurut Gubenur, Pemprov akan mensuport dan membantu segala kebutuhan untuk pendirian pabrik Migor PTPN. Hingga PTPN bisa berusaha dari hulu sampai hilir,

 ""PTPN ini BUMN kebanggan negara. Berpusat di provinsi Jambi. Saya sudah pernah bicara dengan Menteri BUMN Erick Thohir, soal ini. Pak menteri sangat mendukung,"" kata Gubenur.(*)