Tingkatkan Wawasan Kebangsaan Siswa, SMKN 1 Tebo Gandeng Kesbangpol Tebo

Kamis, 08 September 2022 - 00:37:24


Kapolres Tebo AKBP Fitria Mega saat memberikan materi wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi SMKN 1 Tebo
Kapolres Tebo AKBP Fitria Mega saat memberikan materi wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi SMKN 1 Tebo /

Radarjambi.co.id-Tebo - Untuk meningkatkan wawasan kebangsaan siswanya, SMKN 1 Tebo, Rabu (7/9) menggandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo melalui Kesbangpol untuk memberikan sosialisasi tentang wawasan kebangsaan dan nilai-nilai luhur budaya bangsa Indonesia kepada siswa-siswinya.

Ramayani, M.Pd Kepala SMKN 1 Tebo menyebutkan pihaknya sangat berterimakasih kepada Kesbangpol Tebo yang mensupport kegiatan tersebut.

"Alhamdulillah kegiatan ini diharapkan dapat menambah nilai-nilai pemahaman peserta didik kami tentang wawasan kebangsaan, apalagi dengan narasumber yang luar biasa yang sudah memberikan materi kepada siswa-siswi kami,"tutur Ramayani usai kegiatan sembari menyebutkan narasumber yang hadir diantaranya Ibu Kapolres Kabupaten Tebo, AKBP Fitria Mega, Kepa Dinas (Kadis) Kesbangpol Tebo, Sugiyarto, Sp dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tebo yang diwakili oleh Sekdis, Triyatna,S.Pd, M.Pd

"Sayangnya bapak PJ Bupati Tebo berhalangan hadir dan beliau diwakili oleh Asisten II Setda Tebo bapak M. Isa, Semoga dilain kesempatan beliau bisa hadir disekolah kami untuk memberikan motivasi kepada anak didik kami," lanjutnya lagi.

Kadis Kesbangpol Tebo mengatakan, melalui kegiatan sosialisasi Wawasan kebangsaan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran siswa-siswi akan nilai luhur bangsa.

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa-siswi tentang wawasan kebangsaan dan membangun karakter bangsa terutama genera muda dalam menghadapi tantangan baik dari dalam dan luar negeri, serta melaksanakan empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara,"terang Kadis Kesbangpol sembari merincikan empat pilar kehidupan berbangsa yang dimaksud antara lain, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Hal senada disampaikan oleh Kapolres Tebo AKBP Fitria Mega, dalam materinya, orang nomor satu di Polres Tebo tersebut berharap agar siswa SMKN 1 Tebo memiliki wawasan kebangsaan.

"Sebagai seorang pelajar, siswa-siswi SMKN 1 Tebo harus sadar bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harga mati, untuk itu siswa harus pintar atau cerdas, cerdas intelektual, cerdas religius dan cerdas bersikap atau berperilaku, dengan demikian nilai nilai luhur budaya bangsa tetap terus terjaga," tegas Kapolres.

Tidak hanya itu saja, Kapolres berharap hasil dari sosialisasi ini agar dapat ditularkan kepada kawan kawan siswa semua.

"Agar nantinya kedepan siswa SMKN 1 Tebo semuanya memiliki kecerdasan tentang wawasan kebangsaan dan berkarakter Profil Pelajar Pancasila,"tutup Kapolres.(yan/akd)