Pelatihan Peningkatan Literasi Informasi dan Media di Taman Baca Masyarakat Teras Literasi

Jumat, 23 September 2022 - 20:25:54


/

Indonesia adalah negara yang memiliki penduduk ratusan juta jiwa, tapi tingkat literasinya masih berada di peringkat 71 dari 77 negara di dunia menurut studi Programme for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2018.

Tingkat literasi yang masih rendah tersebut, mendorong mahasiswa Universitas Negeri Malang yang berjumlah 4 mahasiswa yakni Siti Nailissa’diyah, Venita Niken Ardiyanti, Erita Nafhamein, dan Mokhammad Idris Siddiqul Awwalin dibawah bimbingan Ibu Inawati, S.I.P., M.M sebagai salah satu dosen Prodi Ilmu Perpustakaan pada kegiatan Pengabdian Mahasiswa (PMh) yang bertemakan Pelatihan Peningkatan Literasi Informasi dan Media di Taman Baca Masyarakat Teras Literasi.

Tidak dipungkiri lagi istilah Taman Baca Masyarakat (TBM) sudah sering kita dengar dalam lingkungan masyarakat, akan tetapi pemanfaatan TBM sebagai salah satu sumber belajar dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat khususnya anak-anak masih sangat minim meskipun gerakan literasi tersebut telah dicanaman oleh pemerintah khususnya Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat (DITBINDIKMAS) diantaranya Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (Dirjend PAUDIN dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

TBM Teras Literasi beralamatkan di Perum PNS Lesanpuro, Kelurahan No.2, RT.07/RW.05, Lesanpuro, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, dengan kode pos 65138 yang dikelola oleh Pakdhe Eko dan Budhe Yanti.

Beliau merupakan sepasang suami istri yang memiliki perhatian yang lebih terkait literasi yang dimulai dari kondisi masyarakat sekitar yang masih tergolong memiliki tingkat literasi rendah.

Sehingga terdorong untuk membentuk sebuah TBM yang dapat menjadi wadah bagi masyarakat sekitar untuk melakukan kegiatan pada hari-hari libur.

Anak-anak yang berkunjung ke TBM Teras Literasi berasal dari masyarakat setempat serta anak didik Budhe Yanti di sekolah tempat beliau mengajar.

Ada banyak tujuan mereka dating ke TBM Teras Literasi seperti membaca buku, meminjam buku, bermain, serta mengikuti kegiatan literasi yang telah diagendakan oleh pihak TBM Teras Literasi sendiri salah satunya menulis kitir setiap berkunjung ke TBM Teras Literasi.

Kegiatan Pelatihan Peningkatan Literasi Informasi dan Media yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang antara lain, sosialisasi protokol kesehatan kepada peserta yang akan ikut kegiatan pengabdian mahasiswa.

Guna meningkatkan kesadaran anak-anak betapa pentingnya menjaga kebersihan agar tetap sehat, materi pengenalan dan pelatihan pengoperasian Microsoft Word dan Ms Excel sebagai salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan literasi media, pelatihan penulisan cerpen dengan tujuan dapat meningkatkan literasi baca tulis peserta.

Salah satu bentuk evaluasi kegiatan dengan menyelenggarakan lomba menulis cepat dan cerpen terbaik yang merupakan alat ukur keberhasilan kegiatan pelatihan yang telah diselenggarakan.

Kegiatan ini ditutup dengan acara pengumuman juara peserta lomba, penyerahan hadiah dan makan bersama.

Kegiatan ini dilaksanan selama 4 hari yang dimulai pada tanggal 03 – 11 September 2022 tepatnya setiap hari sabtu dan minggu.

Adapun target peserta yaitu siswa-siswi SD dan SMP, kegiatan ini dihadiri oleh dosen pembimbing, pengelola TBM, masyarakat setempat, dan berkolaborasi dengan mahasiswa magang dari berbagai universitas yang mengikuti program MBKM KEMENDIKBUD.

Kegiatan pelatihan ini disambut dengan baik oleh masyarakat khususnya pengelola TBM yang dibuktikan dari tingginya antusias masyarakat dalam mengikuti kegiatan pelatihan dan lomba yang diadakan.

Dengan adanya kegiatan ini, pihak pengelola TBM Teras Literasi berharap dapat bekerjasama dengan Universitas Negeri Malang khususnya Prodi Ilmu Perpustakaan sehingga tercipta kolaborasi berkelanjutan dalam meningkatkan literasi masyarakat secara umum dan khususnya masyarakat Kota Malang.(*)

 

Penulis:  Siti Nailissa’diyah,
Mahasiswi Prodi S1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Negeri Malang