Paripurna HUT Muarojambi ke 23 di Hadiri Gubernur Al Haris

Rabu, 19 Oktober 2022 - 22:26:04


/

Radarjambi.co.id-MUAROJAMBI- DPRD kabupaten Muaro Jambi menggelar Rapat paripurna Istimewa  dalam rangka HUT Kabupaten Muaro Jambi Ke-23 Tahun, paripurna digelar di ruang rapat Utama gedung DPRD kabupaten Muaro Jambi dengan mengusung adat Melayu kabupaten Muaro Jambi, Selasa (18/10/22).

Rapat Paripurna HUT kabupaten Muaro Jambi Ke-23 tahun di pimpin ketua DPRD kabupaten Muaro Jambi Yuli Setia Bhakti, serta dihadiri Pj Bupati Bachyuni Deliansyah, Ketua DPRD Muaro Jambi Edi Purwanto serta dihadiri langsung oleh Gubernur Jambi Al Haris.

Kedatangan Gubernur Jambi di sambut di depan gedung DPRD Muaro Jambi  dengan kesenian tradisional kabupaten Muaro Jambi.

Ketua DPRD kabupaten Muaro Jambi Yuli Setia Bhakti mengucapkan selamat datang kepada gubernur Jambi Al Haris di bumi sailun salimbai Muaro Jambi, dirinya berharap di usia ke 23 tahun ini kabupaten Muaro Jambi bergerak mantap.

Selain itu, dirinya juga mengucapkan selamat datang kepada , ketua DPRD Provinsi Jambi, mantan bupati, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

 

"Selamat ulangtahun Muaro Jambi," kata Yuli Setia Bakti. Dalam kesempatan itu, ketua DPRD Kabupaten Muaro Jambi berkesempatan membacakan prestasi-prestasi yang telah diperoleh Kabupaten Muaro Jambi, seperti tenaga kesehatan terbaik, sekolah terbaik, camat teladan, olahraga dan lain sebagainya.

"Izin pak gubernur," kata Yuli Setia Bakti. Sementara itu Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah menyebut jika diusia yang tak muda lagi ini, pemerintah Muaro Jambi akan terus bergerak sehingga menjadi mantap. Hal itu sesuai dengan tema ulangtahun pada tahun ini, yaitu Muaro Jambi Bergerak Mantap.

"Saya Pj Bupati, jika mantap, maka yang lain harus mantap," kata Bachyuni. Dia berharap kedepannya Muaro Jambi semakin sejahtera dan mantap. Dan dirinya juga mengucapkan ribuan terimakasih kepada masyarakat yang yang telah mendukung perkembangan Muaro Jambi.

"Izin pak gubernur, kemarin kami dibagi tiga tim mengunjungi makan mantan-mantan bupati, untuk PKK juga melakukan kunjungan kerumah isteri mantan bupati," kata Bachyuni.

Kegiatan ini merupakan ucapan syukur dan terkasih mereka kepada pemimpin yang terdahulu yang telah membangun Muaro Jambi.

Terpisah Gubernur Jambi H Al Haris mengucapkan selamat ulangtahun Kabupaten Muaro Jambi ke-23. Katanya, ulangtahun merupakan momentum untuk evaluasi dan hal-hal yang sudah baik dipertahankan bahkan ditingkatkan sedangkan yang kurang diperbaiki.

Evaluasi ini sangat penting untuk terus meningkatkan kinerja dalam perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan serta pelayanan publik agar program pembangunan semakin efektif dan efisien dalam upaya meningkatkan kemajuan dan daya saing daerah yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Katanya, pembangunan Muaro Jambi yang bisa diraih dengan kerjasama dan sinergi semua pihak terkait dan tentunya pembangunan itu bukan hanya kerja pemerintah tetapi juga semua kepentingan yakni dunia usaha akademisi masyarakat dan semua pihak terkait

Pemerintah Provinsi Jambi mendukung pembangunan dan mendorong kemajuan seluruh kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Jambi.

Program pembangunan Provinsi Jambi yang dialokasikan untuk Muara Jambi pada tahun 2022 diantaranya adalah penyelenggaraan Jalan provinsi Jalan tempino Muara Bulian Jalan Sungai duren sungai buluh Jalan Simpang Kasang Pudak, Suak Kandis serta pembangunan penguat tebing sungai Suak Kandis serta pemeliharaan sungai dan Candi Muaro Jambi pembangunan bangunan gedung stadion dan pembangunan drainase kota Sengeti.

"Tahun depan insya Allah ada bantuan dari Jepang Rp 200 miliar," kata Haris. Dengan bertambahnya usia Muaro Jambi ini, kata Haris, kita harus terus dan menjaga mutu pendidikan, karena ini adalah merupakan kewajiban semua pihak agar SDM daerah dapat bersaing lebih ke depannya.

Dalam kesempatan itu, Haris juga menyinggung masalah stunting, dimana Provinsi Jambi termasuk didalamnya Kabupaten Muaro Jambi termasuk banyak yang mengalami stunting.

Untuk itu, dirinya meminta untuk bekerja dalam menurunkan stunting dimana kondisi Jambi tahun ini dalam kondisi masih 24 persen stunting pada tahun 2021 kita berharap di tahun 2024 Jambi sudah bisa turun menjadi 14 persen.

"Terhadap kebakaran hutan dan lahan serta bencana hidrometologi, banjir dan tanah longsor dengan penekanan pada aspek pencegahan dan preventif karena Muaro Jambi lahan masih luas dan ini banyak gambutnya sehingga mudah terbakar," imbuhnya.

Usai pidato, Al Haris bersama Pj Bupati langsung melaunching aplikasi desa digital. Kemudian langsung melakukan pemotongan tumpeng selain itu, rombongan Pj Bupati bersama Gubernur Jambi H Al Haris meninjau UMKM yang ada dilokasi acara. Disana gubernur memborong beberapa produk UMKM yang masyarakat jajakan. (ansori)