Sumpah Pemuda Sebagai Alat Pemersatu Dalam Menghadapi Tantangan Zaman

Jumat, 28 Oktober 2022 - 17:14:57


Repsol Pernando
Repsol Pernando /

Selamat hari sumpah pemuda yang ke 94 tahun. Merdeka….!!!

Peringatan Hari sumpah pemuda merupakan hari besar yang sangat bersejarah dalam perjalanan bangsa Indonesia merebut kemerdekaan.

Tepatnya pada tangga  27- 28 Oktober  1928 Digelar Kongres pemuda II, Para pemuda  Indonesia bersatu untuk membuat keputusan/Ikrar .

Ikrar itulah yang sampai  saat ini kemudian di peringati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Dalam buku Menguak Misteri Sejarah (2010). Kongres pemuda II yang di pimpin ole Sugondo Joyopuspito, Kemudian dikenal dengan tujuan sumpah pemuda memiliki maksud yakni melahirkan  cita-cita semua perkumpulan pemuda  pemuda Indonesia, Membicarakan masalah pergerakan Indonesia, memperkuat kesadaran bangsa Indonesia, dan memperteguh Persatuan Indonesia.

“Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah air Indonesia.

Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia” (Sumpah pemuda 28 Oktober 1928).

Jika di kaji secara mendalam Sumpah Pemuda mengajarkan Nilai nilai persatuan  dan kesatuan bangsa.

Hal ini juga menjadi pembuktian  bahwa perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia dapat di satukan dan  sebagai manivestasi “Bhineka Tuggal Ika” yang berarti Berbeda beda tetapi tetap satu (suku ,agama,budaya ,bahasa daerah). Sumpah pemuda mengandung nilai nilai Patriotisme ,cinta tanah air,persatuan (nasionalisme), kegotongroyongan.

Selain itu Sumpah pemuda  di anggap sebagai Kristalisasi Semangat untuk  menegaskan cita cita Berdirinya Negara Indonesia .

Peringatan secara nasionalnya  pertama kali,di peringati pada tahun 1957.

Masa dimana Soekarno sedang aktif mengkonsolidasikan kekuatannya bersama dengan TNI-AD yang saat itu di pimpin oleh Nasution.

Sumpah Pemuda  merupakan warisan Simbolistik masa peralihan dari demokrasi parlementer ke demokrasi terpimpin

Wacana Sumpah Pemuda sebagai alat pemersatu/Pelanggengan kekuasaan, dalam Tafsiran teorinya Friedrich Nietche  seorang filsuf Jerman mengatakan bahwa sejarah itu adalah sesuatu yang begitu gemulai.

Sehingga sangat gampang untuk di perkosa, sebagaimana keperluan masa itu, Nah sumpah pemuda saat itu seolah merupakan sesuatu yang di gunakan sebagai alat untuk keperluan pada masanya.

Teks Sumpah Pemuda yang ada sekarang ini juga di sebut sebut sebagai produk masa depan terutama kata kata ‘satu’ yang ada di tiap point sumpah pemuda itu.

Kata kata ‘satu’ dibuat pada Era Soekarno tersebut adalah karena adanya ramalan ataupun ke khawatiran Soekarno Sendiri, untuk menghindari adanya kegiatan yang berusaha memecah belah bangsa. 

Hal yang sama terjadi Ketika sejarah majapahit seolah menjadi Hegemoni,yang berusaha menyatukan Nusantara ,akan tetapi disisilain sejarah majapahit dan gajah mada, sumpah palapa adalah wacana yang di desain sebagai alat pelanggeng kekuasaan secara turun-temurun.

Terlepas dari sebuah analisis patahan sejarah tersebut, Sumpah pemuda bagi  sebagian masyarakat Indonesia bukanlah sekedar sumpah  yang hanya di teriakkan sesaat kemudian dilupakan.

Namun lebih dari itu mampu mengobarkan semangat persaudaraan, persatuan dan nasionalisme.

Sumpah pemuda dalam perjalanannya sangat  berperan penting atas  bangkit dan bersatunya seluruh rakyat Indonesia melawan penjajahan

Niat yang muncul dari hati tanpa iming iming ,kemudian yang ada hanyalah pilihan merdeka atau mati.

Kemudian di waktu sekarang. Dimoment sumpah pemuda ini, tak salah jika semua warga Negara kembali meneriakkan  dan menggelorakan semangat sumpah itu. 

Bicara soal Persatuan dan nasionalisme  kedua hal itu adalah harga mati, Semangat sumapah pemuda akan terus berkobar didada setiap pejuang Indonesia.

Dengan Satu tekad dan satu semangat,satu tanah air,satu bangsa  satu bahasa persatuan.(*)

 

Penulis : Repsol Pernando Togatorop
Mahasiswa Fakultas Hukum ,Universitas jambi  Kader GMNI Cab.jambi