Bupati Tanjabar Kunjungi ANRI Untuk Percepatan Implementasi Srikandi

Senin, 14 November 2022 - 19:40:16


/

Radarjambi.co.id, Jakarta - Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag melakukan Kunjungan ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dalam rangka Percepatan Implementasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) pada Pemerintah Kabupaten Tanjabbar, Senin (13/11).

Kunjungan Bupati tersebut disambut langsung oleh Sekretaris Utama ANRI Rini Agustiani bersama jajaran di Gedung ANRI Jakarta Selatan.

Usai kunjungannya, Bupati dalam wawancaranya sampaikan bahwa Pemkab Tanjabbar mendapatkan apresiasi langsung dari ANRI terkait rencana Pemkab Tanjabbar mengimplementasikan aplikasi Srikandi pada Tahun 2023 mendatang.

"Hanya saja saat ini, masih diperlukan berbagai persiapan, antara lain regulasi termasuk Sumber Daya Manusia pada masing-masing OPD terkait penerapannya, sehingga diperlukan konsultasi dan bimbingan teknis dari ANRI," tutur Bupati.

"Alhamdulillah pada hari ini kita Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat mengunjungi ANRI dan kita mendapat apresiasi dan dukungan dari Sekretaris Utama ANRI beserta jajaran dalam rangka Percepatan dan Persiapan Aplikasi Srikandi yang akan diluncurkan di Tahun 2023 nanti," ungkapnya.

"Kemudian kita akan menyiapkan Depo Arsip yang representatif sehingga menjadi andalan dalam menjaga kelestarian arsip-arsip daerah kita," ujar Bupati.

Bupati juga sampaikan bahwa dirinya sempat melihat langsung arsip-arsip dan naskah kuno, terutama terkait sejarah Kabupaten Tanjabbar yang tersimpan di ANRI. Terkait hal tersebut, Bupati berharap agar kedepannya arsip dan naskah tersebut dapat didigitalisasi, tentunya dengan kerjasama bersama ANRI, sehingga dapat dengan mudah diakses khususnya generasi muda di Tanjabbar, dengan harapan generasi muda tersebut dapat mengerti sejarah perjuangan Kabupaten Tanjabbar.

"Mudah-mudahan nanti kerjasama kita dengan ANRI dalam penataan kearsipan ini khususnya arsip-arsip sejarah, menjadikan anak-anak kita generasi mendatang mengerti sejarah perjuangan Kemerdekaan," pungkasnya.

Turut Hadir mendampingi Bupati pada kunjungan tersebut, Kadis Perpustakaan Erlina Wati, Kabid Perpustakaan Ratna Dewi, Kabid Arsip H. Lawi, Kabag Prokopim Johan Hendry Bororing, S. STP.
(ken)