Waka DPRD Jambi Dorong Lulusan Perguruan Tinggi Bisa Bersaing Ciptakan Ide Wirausaha

Rabu, 23 November 2022 - 12:03:54


Wakil Ketua Ketua DPRD Provinsi Jambi Faizal Riza
Wakil Ketua Ketua DPRD Provinsi Jambi Faizal Riza /

RADARJAMBI.CO.ID-Wakil Ketua Ketua DPRD Provinsi Jambi Faizal Riza dorong lulusan perguruan tinggi di Provinsi Jambi harus mampu bersaing dalam menciptakan ide berwirausaha dan entrepreneur, bukan pencari kerja. Hal itu dikatakannya saat menghadiri acara wisudawan salah satu perguruan tinggi dalam Kota Jambi, Rabu (23/11/22).

Kata Faizal Riza, tadinya mungkin kebanyakan wisudawan yang lulus dari perguruan tinggi untuk mencari kehidupan baru dengan berburu peluang pekerjaan. Ini adalah sebuah tantangan besar dan nyata dilakukan ditengah kondisi lapangan pekerjaan sulit didapatkan.

"Saya lebih mendorong untuk kehidupan nyata para wisudawan lulusan perguruan tinggi itu bisa memiliki kompetensi dan mampu bersaing di dunia kerja menciptakan ide berwirausaha dan jadi seorang entrepreneur," kata Faizal Riza Rabu (23/11/22).

Dengan jumlah lulusan wisudawan perguruan tinggi yang luar biasa banyak yang sampai saat ini lebih dari 4000 di Provinsi Jambi dari seluruh universitas kampus.

Memang dengan kesempatan kerja yang terbatas mau tidak mau harus siap bersaing. Salah satu upaya itu adalah bagaimana para lulusan ini menyiapkan diri selain juga untuk melamar pekerjaan juga sebenarnya mampu menciptakan pekerjaan dalam arti harus siap harus bisa menjadi seorang entrepreneur dan wirausahawan.

"Kewirausahaan adalah satu bidang yang menurut saya sangat mulia karena memberikan kesempatan kerja buat orang lain. Tidak usah besar, paling tidak bisa menghidupi kehidupan dia sendiri. Apalagi hari ini adalah wisudawan perguruan tinggi jurusan ilmu komunikasi memang kita dorong adalah kemampuan komunikasi bisa mencapaikan ide usaha. Kadang-kadang anak muda nih enggak ada modal seperti itu padahal sebenarnya kekuatan terbesar untuk memulai usaha adalah ide yang baik ," tutupnya.(*)


Editor: Endang