Robinson Sirait Fraksi PAN Dorong Pemekaran Kabupaten Baru

Rabu, 18 Januari 2023 - 22:06:20


Robinson Sirait
Robinson Sirait /
Radarjambi.co.id-MUAROJAMBI-Masyarakat Kecamatan Sungai Bahar Grup menginginkan pemekaran dan berpisah dari Kabupaten Muaro Jambi.
 
Hal ini disampaikan oleh Anggota DPRD Muaro Jambi Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Robinson Sirait, Rabu 18 Januari 2023.
 
Kata Robinson, permintaan masyarakat soal pemekaran tersebut sangat kuat, mulai dari Forum Kades, BPD Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama hingga kalangan pemuda terus bergilir. "Mereka sangat menginginkan sekali agar bisa dimekarkan," Ucap Robinson.
 
 
Dikatakannya, wilayah yang akan dimekarkan menjadi Kabupaten Baru nantinya yakni, Sungai Bahar, Bahar Utara, Bahar Selatan, Mestong dan Kecamatan Jambi Luar Kota.
 
"Untuk menjadi sebuah Kabupaten baru, minimal didukung dengan Enam Kecamatan, sementara yang ada ini baru Lima Kecamatan. Jadi, harus ada Satu Kecamatan yang dimekarkan lagi, supaya bisa terpenuhi persyaratannya," ujarnya.
 
Selain hal tersebut diatas kata Robinson banyak hal yang mendukung untuk dilakukan pemekaran, diantaranya, luas wilayah, jauhnya akses pelayanan ke Pusat Ibukota yang menyebabkan terhambatnya pelayanan terhadap masyarakat dan hal lainnya. 
 
 
"Jumlah penduduk juga sudah mencukupi, ditambah lagi letak wilayah Muaro Jambi ini seperti kuning telur. Muaro jambi dikelilingi Kota Jambi maka jarak tempuh dari tiap kecamatan cukup jauh, terkhusus kecamatan Bahar Grup ini sangat jauh, apalagi bahar selatan, intinya kan pemerintah itu harus mempermudah dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Robinson.
 
Sebagai perpanjangan tangan masyarakat, dirinya tentu harus memperjuangkan aspirasi ini. Selain mempermudah dan mendekatkan pelayanan, kata Robinson, dengan adanya pemekaran, bisa memberikan keuntungan lainnya seperti kemajuan dan perkembangan di bidang pembangunan infrastruktur nantinya.
 
"Dengan kondisi saat ini termasuk masalah anggaran, sangat tidak mencukupi, maka jika nanti terwujud pemekaran, anggaran akan mendukung untuk kemajuan daerah yang dimekarkan dan daerah lama. Karena terjadi penambahan anggaran dari pusat," kata Robinson.
 
Tentunya untuk mewujudkan itu semua butuh dukungan dan support serta kerjasama semua pihak, mulai dari legislator, hingga pihak eksekutor. 
 
Robinson mengaku saat ini tengah berjuang untuk mewujudkan hal tersebut bersama rekan-rekannya di DPRD Muaro Jambi.
 
"Sekali lagi mohon doanya agar nanti berjalan dengan lancar. Tentunya Saya dari Fraksi PAN DPRD Muaro Jambi sangat mendukung dan akan berjuang dengan teman- teman DPRD yang ada di Lima Kecamatan. Kami akan koordinasi dengan Pemda Muaro Jambi, DPR RI dan kementrian terkait, juga doa dari seluruh masyarakat Bahar, Mestong dan Jaluko. Ini harus kita suarakan dari sekarang karena membutuhkan proses yang panjang," sebut Robinson.
 
Untuk diketahui Kabupaten Muaro Jambi terdiri dari 11 Kecamatan. Secara geografis, Kabupaten Muaro Jambi mengelilingi Kota Jambi layaknya kuning telur. Saat ini, penduduk Muaro Jambi sudah mencapai kurang lebih 400.000 jiwa. 
 
Dari indikator-indikator di atas, Kabupaten Muaro Jambi nampaknya sudah cukup layak untuk dilakukan pemekaran.
 
 
Tak hanya itu, saat ini juga tengah diusulkan penambahan kuota kursi bagi legislator di Muaro Jambi dari awalnya 35 kursi menjadi 40 kursi. 
 
 
Terlepas dari semua itu, keinginan dan aspirasi masyarakat yang kuat agar terjadi pemekaran juga sudah kerap disampaikan kepada wakil mereka di DPRD Muaro Jambi. (akd)