Dokter Rawat Kapolda Jambi di TKP Kecelakaan Heli, Polri: Luka Cukup Berat

Senin, 20 Februari 2023 - 20:20:39


Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo /

Radarjambi.co.id-Jakarta - Proses evakuasi rombongan helikopter Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono yang mendarat darurat di hutan Kerinci, Jambi, masih berlanjut. Polri menyebutkan para korban kini sedang dalam proses perawatan oleh tenaga medis di lokasi kecelakaan.

"Saat ini tim kedokteran kepolisian sedang melaksanakan perawatan medis atau memberi pertolongan pertama pada korban, khususnya Pak Kapolda," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Senin (20/2/2023).

Dedi mengatakan Irjen Rusdi mengalami luka yang cukup berat. Dia mengatakan tim medis akan mengutamakan perawatan Rusdi karena lukanya lebih berat dibanding rombongan lain.

"Pak Kapolda mengalami luka yang cukup berat dibanding yang lainnya," katanya.
Dedi mengatakan tim SAR gabungan juga mulai mendarat di TKP sekitar pukul 13.30 WIB. Total, ada 20 personel yang telah mendarat.

Sebelumnya, tim SAR gabungan telah berhasil turun di hutan Kerinci yang merupakan lokasi kecelakaan helikopter Polairud yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan rombongan. Tim masuk ke lokasi kecelakaan lewat jalur udara menggunakan helikopter.

Dari foto yang diperoleh detikcom, Senin (20/2), tim SAR udara tiba di titik koordinat jatuhnya heli sekitar pukul 12.59 WIB. Tim SAR turun menggunakan tali dan langsung bergerak menuju para korban.

Informasinya, ada lima orang personel SAR gabungan yang turun dari heli. Masing-masing dua personel Brimob, satu orang personel Basarnas dan dua orang personel dokter polisi (dokpol). Mereka diterjunkan untuk memberikan bantuan pengobatan awal, serta membuka area hutan untuk persiapan landing area.

Rencananya seluruh korban kecelakaan heli ini, termasuk Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, akan dievakuasi lewat jalur udara menggunakan heli. Cara ini dinilai paling cepat dan memungkinkan mengingat jalur darat sangat sulit ditembus dan memakan waktu lama.

Tampak personel Brimob telah mencapai lokasi Irjen Rusdi dkk. Tampak Irjen Rusdi terbaring lemah ditutupi selimut. Di dekatnya terlihat Koorspri Kompol Ayani yang kepalanya tampak dibalut kain putih karena terluka.

Irjen Rusdi sendiri dikabarkan mengalami patah tulang pada bagian tangannya akibat insiden ini. Selain Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, dalam kecelakaan helikopter ini, ada tujuh orang korban lainnya. Berikut ini daftar lengkapnya:

1. Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono
2. Dir Reskrimum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yusdhistira
3. Dir Polair Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan
4. Koorspripim Kompol Ayani
5. ADC Kapolda Jambi Briptu Muhardi Aditya
6. Pilot AKP Ali Nurdin S Harahap
7. Copilot AKP Amos Freddy P Sitompul
8. Mekanik Aipda Susilo. (azh/haf)

Sumber : Detik.com