Bappeda Sarolangun Matangkan Forum Gabungan Perangkat Daerah 2023

Selasa, 07 Maret 2023 - 23:16:35


Forum Gabungan Perangkat Daerah 2023
Forum Gabungan Perangkat Daerah 2023 /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN – Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Badan Perencanaan Dan Pembangun Daerah (Bappeda) Sarolangun mematangkan pelaksanaan kegiatan Forum Gabungan Perangkat Daerah tahun 2023, Selasa (06/03) di ruang aula Bappeda Sarolangun,

Terlaksananya kegiatan ini dimotori Kepala Bappeda Sarolangun H Muhammad yang bersinergi dengan Sekretaris Bappeda Hj Maria Susanti dan Kabid Pendanaan Muhammad Ikhsan di back up  Panpel Bidang Pendanaan Bappeda.

Ini merupakan langkah dan tahapan prosedur untuk mensinkronisasikan usulan kegiatan prioritas atas tindak lanjut dari Musrenbang Tingkat Kecamatan tahun 2023 dan Pokok Pikiran (Pokir) DPRD dengan rancangan awal Renja perangkat daerah tahun 2024. Pelaksanaan Forum Gabungan Perangkat Daerah akan dijadikan pedoman dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sarolangun tahun 2024.

Menariknya, ditengah nuansa yang ramah dan damai itu hadir Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal didampingi Sekretaris Daerah Ir Endang Abdul Naser bersama Asisten III Hazrian. Selain itu tampak hadir para Kepala OPD dilingkungan Pemkab Sarolangun, para Camat dan Lurah, se-Kabupaten Sarolangun dan tamu undangan lainnya.

Kepala Bappeda Sarolangun H Muhammad dalam paparannya mengatakan, kegiatan Forum Gabungan Perangkat daerah ini dilaksanakan selama lima hari terhitung dari tanggal 07 Maret 2023 hingga 11 Maret 2023.

Menurutnya, penyelenggaraan Forum Gabungan Perangkat Daerah untuk mensinkronisasikan dan mensinergikan program dan kegiatan prioritas pembangunan tahun 2024.

"Forum gabungan OPD terdiri dari tiga pembahasan, yakni pembahasan hasil Musrenbang, pembahasan Pokir DPRD dan pembahasan Renja SKPD, Diminta kepada SKPD di lingkungan Pemkab Sarolangun untuk membawa rancangan awal rencana kerja perangkat daerah tahun 2024.”tutur Kepala Bappeda.

Pasca Forum Gabungan Perangkat Daerah ini, kata Kepala Bappeda, pada tanggal 16 Maret 2023 akhir dari proses rancangan kerja pemerintah daerah yang nantinya semua rancangan akan di rangkum dalam Musrenbang tingkat Kabupaten Sarolangun.

"Tahapan pelaksanaan perencanaan pembangunan yang dimulai dari Musrenbang tingkat desa dan kelurahan sudah rampung dilaksanakan, seterusnya Musrenbang tingkat Kecamatan dan juga Reses DPRD Sarolangun serta forum konsultasi publik juga sudah di tuntaskan,”sebutnya.

”Jika mengacu pada arah kebijakan pembangunan daerah di tahun 2024, pembangunan daertah difokuskan pada pemantapan infrastruktur dan peningkatan ketahanan ekonomi,”tegas Kepala Bappeda.

Tepisah, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal mengatakan, Forum Gabungan Perangkat daerah sangat penting dilaksanakan, seraya itu Penjabat Bupati berharap seluruh OPD untuk dapat mengikuti kegiatan ini secara fokus.

Dijelasnkan Henrizal, seluruh OPD akan membahas dengan penyelarasan usulan pembangunan hasil Musrenbang Kecamatan dan Reses DPRD Sarolangun untuk dicocokkan dengan Rencana Kerja (Renja) OPD Kabupaten Sarolangun.

"Inovasi dan kreasi harus dikedapankan untuk Kabupaten Sarolangun ini kedepannya menjadi lebih baik,"ucapnya

Henrizal juga menegaskan, seluruh OPD juga harus memiliki data sesuai dengan fakta yang ada di lapangan dalam proses perencanaan pembangunan daerah, baik infrastruktur jalan, sarana dan prasana pendidikan dan sarana prasarana kesehatan serta di bidang ketahanan ekonomi.

"Anggaran itu tidak mesti harus dibagi rata di setiap kecamatan tetapi dialokasikan sesuai dengan kebutuhan, dan prinsip berkeadilan itu harus juga dilaksanakan,"tegasnya.

Lebih penting lagi, Penjabat Bupati berharap agar seluruh OPD memahami tugas pokok dan fungsi masing-masing serta melengkapi data dan fakta sehingga perencanaan pembangunan dapat terukur.

Di penghujung kegiatan tersebut dilakukan penandatanganan berita acara Forum Gabungan Perangkat Daerah dan pembahasan Musrenbang tingkat kecamatan, Pokir Dprd dan Renja SKPD seluruh OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun.


PENULIS: CHARLES RANGKUTI