Kota Jambi berperan dorong pencapaian UHC di Indonesia

Kamis, 16 Maret 2023 - 11:23:39


/

RADARJAMBI.CO.ID- Pemerintah Kota Jambi sukses capai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC) dengan kepesertaan sebanyak 608.114 jiwa telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total jumlah penduduk 622.014 jiwa atau sebesar 97,77 persen sehingga berperan dalam mendorong capaian UHC di Indonesia.

"Artinya hampir seluruh warga masyarakat di Kota Jambi telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan." kata Wali kota Jambi Syarif Fasha dalam keterangan resminya yang diterima Rabu.

Pemerintah kota (Pemkot) Jambi mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Jambi yang telah bekerja keras agar masyarakat Kota Jambi bisa terjamin ke dalam Program JKN.

"Dengan telah tercapainya UHC di Kota Jambi maka fasilitas kesehatan juga harus kian optimal dalam melayani. Ke depan kami akan terus memastikan seluruh penduduk Kota Jambi tetap terjamin akses layanan kesehatannya melalui Program JKN-KIS," kata Syarif Fasha.

Sebelumnya Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin memberikan penghargaan kepada 22 Provinsi, 334 Kabupaten dan Kota yang telah mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai program strategis nasional dengan mendorong terwujudnya Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC) di Indonesia.

Dalam Inpres Nomor 1 tahun 2022, salah satu instruksi Presiden kepada Gubernur dan Bupati/Walikota adalah mendorong target RPJMN. Target tersebut yaitu 98 persen penduduk Indonesia terlindungi kesehatannya melalui Program JKN-KIS pada 2024, dengan mengalokasikan anggaran dan pembayaran iuran serta bantuan iuran penduduk yang didaftarkan oleh pemerintah daerah.

Sampai dengan 1 Maret 2023 jumlah penduduk Indonesia yang sudah dijamin akses layanan kesehatan melalui Program JKN-KIS sebanyak 252,1 juta jiwa atau lebih dari 90 persen dari seluruh penduduk Indonesia.

Penghargaan UHC ini diberikan langsung oleh Wapres didampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, serta Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional, di Jakarta pada Selasa malam (14/3).

Penulis: Musriah
Editor: Ansori