Terselip Seni Gurindam dan Tarian Nyimah Parit, Festival Arakan Sahur 1444 H Lebih Meriah

Minggu, 26 Maret 2023 - 04:26:37


/

Radarjambi.co.id, TANJABBAR - Ribuan Masyarakat tumpah ruah menyaksikan festival arakan sahur minggu pertama bulan Ramadhan 1444 H/2023 M yang diadakan Pemkab Tanjab Barat melalui Dinas Parawisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Tanjab Barat.

Adapun Kegiatan arakan sahur bertujuan untuk melestarikan budaya religius dan sebagai upaya menjadikan daya tarik wisata unggulan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Karena festival arakan sahur ini sudah merupakan ikon Kabupaten Tanjab Barat di Bulan suci Ramadhan yang dikenal bahkan pernah tampil di istana negara, meski sebelumnya sempat vakum pada pandemi covid-19.

Dalam Laporan Kepala Dinas Parawisata kepemudaan dan Olahraga Tanjab Barat, Hermansyah menyebutkan pada gelaran festival arakan sahur 2023 ini, diikuti 13 grup peserta yang terdiri dari utusan remaja masjid, sanggar dan kelompok masyarakat.

"Jumlah peserta ini meningkat dari pada tahun sebelumnya yang hanya diikuti 10 Grub," Kata Kermansyah dalam laporan sebagai panitia pelaksana kegiatan .

Tujuan dari gelaran festival arakan sahur ini disebut Hermansyah yakni mewujudkan kegiatan parawisata yang berkualitas serta menarik wisatawan luar untuk berkunjung ke Tanjabbar.

"Sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian pelaku industri kepariwisataan dan masyarakat sekitar," ujarnya.

Lebih lanjut, disebutkannya untuk total hadiah yang di perebutkan pada arakan sahur tahun ini sebesar Rp 88 juta yang lebih besar dari tahun lalu.

Hadiah bagi Juara I sejumlah Rp 25 Juta, Juara II Rp 20 Juta, Juara III Rp 15 Juta, Harapan I Rp 10 Juta, Harapan II Rp 8 Juta, Harapan III Rp 6 Juta dan Juara Favorit Rp 4 Juta, Dan hadiah tambahan dari Gubernur Jambi H. Al Haris yaitu khusus nya Juara 1 unit sepeda motor, juara 2 Kulkas, dan juara 3 Televisi.

Sementara Kabid Pariwisata, Rengga Sekarsari, mengenai Kegiatan Festival Arakan Sahur tahun 2023 ini berbeda dari tahun tahun sebelumnya, diselipkan penampilan seni budaya Gurindam 12 dan Tarian Nyimah Parit yang merupakan tradisi kearifan lokal yang bertujuan untuk kembali melestarikan tradisi Kabupaten Tanjung jabung barat dan sebagai upaya menjunjung tinggi kebudayaan lokal ujarnya

Hadir dalam pembukaan festival arakan sahur yakni Gubernur Jambi H. Al Haris, Bupati Tanjung jabung timur H. Romi Hariyanto, Ketua DPRD, Wakil Bupati, Sekda, Unsur Forkopimda Serta kepala OPD lingkup pemerintahan Kabupaten Tanjung jabung barat. (ken)