Pj Bupati Sarolangun Diganti, Gubernur Jambi Al Haris Ungkap Ada Perbedaan Usulan

Selasa, 23 Mei 2023 - 13:35:14


Henrizal dengan Bachril Bakri Pj Bupati Sarolangun yang baru di lantik Gubernur Jambi Al Haris
Henrizal dengan Bachril Bakri Pj Bupati Sarolangun yang baru di lantik Gubernur Jambi Al Haris /

RADARJAMBI.CO.ID- Henrizal tidak lagi diperpanjang oleh Mentri Dalam Negri sebagai Pj Bupati Sarolangun. Untuk mengisi kekosongan itu Menteri Dalam Negeri menunjuk Bachril Bakri untuk memimpin Kabupaten Sarolangun satu tahun ke depan.

Bachril Bakri sebelumnya menduduki jabatan sebagai Karo Perencanaan Kemendagri. Gubernur Jambi Al Haris mengungkapkan penyebab SK Pj Bupati Sarolangun tidak diperpanjang.

Kata Al Haris, usulan yang masuk ke Kementerian Dalam Negeri itu berbeda.

"Kalau di Muaro Jambi dan Tebo tetap nama Pj yang lama diusulkan oleh saya dan DPRD ke Kemendagri. Nah untuk Sarolangun saya usulkan nama yang lama tetapi DPRD-nya mengusulkan penjabat daerah setempat," katanya.

Al Haris bilang, menurut Kemendagri nomor 4 tahun 2023 ada kewenangan dari DPRD untuk bisa mengajukan nama penjabat sebagai bahan pertimbangan kepada Mendagari dan Presiden.

"Mungkin saja Mendagri ambil jalan tengah sehingga usulan di daerah tidak merasa diabaikan dan juga mungkin menghormati usulan DPRD maka diambil lah jalan tengah biar adil," ujarnya.

Sisi terpenting Gubernur Jambi bilang ketiga Pj Bupati harus tetap jaga hubungan baik antara pemerintah dan forkompimda.

"Tugas ketiga Pj Bupati sama dengan tugas yang diemban bupati definitif sebagai seorang Pj Bupati. Saya berpesan paling penting ketiga Pj harus siap menciptakan kondusivitas di daerah jelang Pemilu 2024. Sehingga aman dan kondusif dan rakyat bisa jernih untuk memilih pemimpinnya."

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Pj Bupati Sarolangun periode sebelumnya yang sudah mengabdi di Sarolangun tentu sudah banyak hal dilakukan. Mudah-mudahan jasa-jasanya dapat dikenang oleh masyarakat," sambungnya.

Diketahui, Senin (22/5/2023) malam Gubernur Jambi Al Haris resmi melantik Pj Bupati Sarolangun yang baru menggantikan Henrizal.

Selain itu, Gubernur Jambi juga menyerahkan SK perpanjangan kepada Pj Bupati Muaro Jambi dan Tebo.(*)


Editor: Ndang