Pesan Sekda Kepada Jemaah Haji : Luruskan Niat, Jaga Kesehatan dan Selalu Kompak Dengan Rombongan

Senin, 05 Juni 2023 - 12:55:26


Pelepasan Pemberangkatan Jemaah Calon Haji Kloter 17 yang berasal dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi Musim Haji 1444 H/2023 M, bertempat di Asrama Haji Kota Baru Jambi, Senin, (05/06/2023).
Pelepasan Pemberangkatan Jemaah Calon Haji Kloter 17 yang berasal dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi Musim Haji 1444 H/2023 M, bertempat di Asrama Haji Kota Baru Jambi, Senin, (05/06/2023). /

RADARJAMBI.CO.ID-Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi H. Sudirman,SH,MH berpesan kepada para jemaah calon haji untuk meluruskan niat semata-mata hanya karena Allah SWT, senantiasa menjaga kesehatan dan kompak dalam rombongan, juga mengkonsumsi makanan yang seimbang agar dapat melaksanakan ibadah di Tanah Suci dengan baik dan sempurna.

Pesan demikian disampaikan Sekda saat Pelepasan Pemberangkatan Jemaah Calon Haji Kloter 17 yang berasal dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi Musim Haji 1444 H/2023 M, bertempat di Asrama Haji Kota Baru Jambi, Senin, (05/06/2023).

Sekda Sudirman mengemukakan bahwa hari ini adalah hari yang sangat membahagiakan bagi para jemaah calon haji, khususnya kloter 17 yang berasal dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dimana penantian yang cukup panjang. Tentunya ini menjadi momentum yang sangat membahagiakan.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Jambi dan masyarakat Provinsi Jambi saya mengucapkan selamat menjalankan ibadah haji, semoga selalu diberikan kesehatan dan kekuatan, selamat sampai ke Tanah Suci dan selamat kembali ke tanah air. Semoga menjadi haji yang mabrur dan mabrurah, karena Rasulullah SAW menyebut surga sebagai balasan bagi jemaah haji mabrur dari Allah SWT," ujar Sekda Sudirman.

Dikatakan Sekda Sudirman, untuk melaksanakan ibadah rukun Islam yang kelima, ibadah haji ini merupakan ibadah multidimensi yang meliputi fisik, harta, ilmu dan rohani.

“Untuk lebih khusuk melaksanakan ibadah rukun Islam yang kelima ini saya berpesan kepada jemaah, agar para jemaah calon haji untuk meluruskan niat semata-mata hanya karena Allah SWT, senantiasa menjaga kesehatan dan mengkonsumsi makanan yang seimbang, hindari makanan yang dingin seperti es, karena akan mengakibatkan batuk. Jika badan sehat dan fit dapat melaksanakan ibadah di Tanah Suci dengan baik dan sempurna,” kata Sekda Sudirman.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Sudirman juga mohon do’a dari seluruh jemaah calon haji untuk Provinsi Jambi apabila nanti sudah berada di Tanah Suci. "Saya juga mohon do’a dari seluruh calon jemaah haji apabila nanti sudah berada di Tanah Suci, agar mendo’akan Provinsi Jambi dan kabupaten/kota yang kita cintai ini supaya diberikan keberkahan oleh Allah SWT, aman, damai dan sejahtera, baldatun, toyyibatun, warobbun ghoffur," ungkap Sekda.

Sekda Sudirman juga menghimbau kepada para calon jemaah haji untuk tidak sungkan-sungkan bertanya dan berkoordinasi dengan petugas yang telah ditunjuk.

"Saya himbau para calon jemaah calan haji untuk tidak sungkan-sungkan bertanya dan berkoordinasi kepada para petugas yang telah ditunjuk atau ditugaskan baik melalui ketua regu, ketua rombongan dan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) serta ketua kelompok terbang, sehingga ibadah yang kita lakukan tidak terkendala dan dapat berjalan dengan baik dan lancer," himbau Sekda Sudirman.

Selain itu, Sekda Sudirman juga mengingatkan kepada para petugas yang sudah ditunjuk untuk dapat melayani para jemaah dengan baik.

"Kepada para petugas yang telah ditunjuk untuk dapat melayani para jemaah haji dengan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan apa yang telah dilakukan oleh petugas, Allah catat sebagai amal ibadah dan kebaikan bagi para petugas semuanya," pungkas Sekda.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Jemaah Haji Provinsi Jambi yang merupakan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi H. Zoztafia, S.Ag, M.Pd.i menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jambi melalui Bapak Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH yang telah memfasilitasi jemaah haji Jambi biaya pemberangkatan dari Jambi - Batam dari Pemerintah Provinsi Jambi.

“Selamat kepada jemaah haji yang berangkat tahun ini berjumlah 2955 orang, khusus hari ini pelepasan Pemberangkatan Kloter 17 dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat berjumlah 374 orang, dilepas langsung oleh Sekda,” ujar H. Zoztafia.(*)


Editor: Endang