Gandeng Kementerian, PTPN VI Latih Pekerja Cegah Kebakaran

Rabu, 07 Juni 2023 - 13:33:13


/

Radarjambi.co.id-JAMBI- PTPN VI terus tingkatkan SDM para pekerja. Gandeng Kementerian, PTPN VI gelar pelatihan cegah kebakaran di graha komplek perkantoran PTPN VI yang berlangsung sepekan ini.

Sebelumnya, peserta pelatihan ini menjalani pendidikan dan pelatihan pada Januari lalu. Untuk diketahui para peserta ini merupakan karyawan dari seluruh unit kerja PTPN VI.

Cikmas Hadi Salasa, Pengawas Tenaga Kerja Madya dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jambi menjelaskan hal itu. Setelah Januari lalu, kegiatan berlanjut pada Juni ini.

"Pelatihan sudah dilaksanakan bulan Januari lalu, saat ini dilaksanakan ujian bersama secara online dengan Kementerian Ketenagakerjaan yang dipandu langsung tim Binwas Naker K3 Kemenaker RI," terangnya, Rabu (7/6/2023)

Ujian berlangsung sejak Senin (5/6/2023) hingga Jumat (9/6/2023) hingga tahap klasifikasi pekerja.

Saat ini, pelatihan sudah masuk klasifikasi C dari sebelumnya D. Selanjutnya ke tahap klasifikasi B dan berikutnya A.

Tak main-main, pelatihan ini mengandeng spesialis ahli pemadaman kebakaran dari Disnakertrans Sumatera Selatan (Sumsel).

Hal ini tak lain untuk meningkatkan kemanpuan SDM karyawan dalam penanggulangan kebakaran.

"Tujuannya membentuk SDM karyawan dalam upaya mencegah terjadinya kebakaran di tempat kerja. Mereka dilatih bagaimana mengunakan alat, mengidentifikasi tempat kerja sesuai kalibrasi kebakaran," katanya.

"Dengan mampu mengidentifikasi, maka perusahaan akan menyesuaikan dengan kondisi tempat kerja terhadap alat yang disediakan, apalagi PTPN VI ini kan perusahaan perkebunan sehingga resiko terjadinya kebakaran sangat tinggi," Alhamdulillah karena kepedulian perusahaan hingga terlaksananya kegiatan ini," tutupnya.(*)